Pertama Kalinya, AS Akan Uji Coba Rudal Hipersonik

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 16:57 WIB
TALLADEGA, AL - MAY 05:  A giant American Flag waves above the track during the NASCAR Sprint Cup Series Aarons 499 at Talladega Superspeedway on May 5, 2013 in Talladega, Alabama.  (Photo by Tom Pennington/Getty Images)
Ilustrasi Bendera Amerika Serikat (Foto: Tom Pennington/Getty Images)
Jakarta -

Amerika Serikat akan melakukan uji coba rudal hipersonik AGM-183A atau Air-launch Rapid Response Air Weapon (ARRW) sebelum akhir minggu ini. Hal ini disampaikan dalam analisis laporan oleh The Drive's The War Zone.

Seperti dilansir Sputniknews, Selasa (30/3/2021) serangkaian tanda-tanda terkait izin peluncuran uji coba rudal telah dikeluarkan dalam beberapa hari terakhir di dekat Stasiun Udara Angkatan Laut Point Mugu AS, di mana banyak rudal Pentagon telah dikembangkan dan diuji disana.

Lebih lanjut, Administrasi Penerbangan Federal AS telah mengeluarkan pemberitahuan kepada para penerbang (NOTAM) untuk menghindari area di atas Point Mugu Sea Test Range, area lepas pantai dekat Los Angeles, sejak tanggal 30 Maret-1 April.

Sementara itu, sejumlah peralatan pemantauan khusus juga telah dipindahkan ke wilayah tersebut, termasuk USNS Worthy, kapal instrumentasi jangkauan rudal dengan beberapa kubah besar yang terlihat di San Diego minggu lalu, dan NASA WB-57F, pesawat pembom yang telah dimodifikasi dengan berbagai macam sensor untuk pemantauan cuaca, pengambilan sampel udara setelah uji senjata nuklir, dan tugas penelitian lainnya yang diklaim oleh Zona Perang dapat dikonfigurasi untuk memberikan informasi tentang peluncuran rudal juga.

USAF sebelumnya mengumumkan akan menguji AGM-183 ARRW dalam waktu kurang dari satu bulan. Sebelumnya, USAF juga sempat berencana melakukan uji coba sebelum akhir tahun 2020 dan kemudian ditunda.

Angkatan Udara AS mengatakan uji coba nantinya hanya hanya akan dilakukan pada mesin pendorong dan bukan seluruh senjata. Dalam siaran pers yang disampaikan 5 Maret lalu, uji coba juga akan mencakup kendaraan luncur hipersonik dan hulu ledak.

Tonton juga Video: Ekspresi Biden Ditanya soal Aktivitas Rudal Korea Utara

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2