Adik Kim Jong Un Kecam Presiden Korsel yang Kritik Uji Coba Rudal Korut

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 06:51 WIB
Kim Yo Jong hadir di upacara pembukaan PyeongChang 2018 Winter Olympic Games pada 9 Februari 2018 in Pyeongchang-gun, Korea Selatan.
Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong (Foto: Getty Images/Pool)
Pyongyang -

Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, mengecam Presiden Korea Selatan Moon Jae In yang menyebut uji coba rudal Korea Utara baru-baru ini mengkhawatirkan. Kim Yo Jong menyebut pernyataan Moon memalukan.

Dikutip dari Reuters, Selasa (30/3/2021), Korea Utara sebelumnya meluncurkan 2 rudal balistik di perairan dekat Jepang minggu lalu. Peluncuran itu menunjukkan kemajuan yang stabil dalam program senjata Korea Utara dan meningkatkan tekanan pada Amerika Serikat (AS).

Setelah peluncuran rudal itu, Presiden Korea Selatan Moon Jae In kemudian mendesak agar pihaknya, Korea Utara dan Amerika Serikat melakukan upaya untuk melanjutkan dialog.

Pernyataan itu kemudian ditanggapi oleh Kim Yo Jong. Kim Yo Jong menyebut pernyataan Moon memalukan karena setuju dengan AS yang mengutuk uji coba rudal tersebut dan mengatakan program rudal balistik dan nuklir Korea Utara merupakan ancaman serius bagi perdamaian dan keamanan internasional.

"Perilaku tidak masuk akal dan kurang ajar dari Korea Selatan persis sama dengan logika AS yang mirip gangster," kata Kim Yo Jong dalam sebuah pernyataan yang dimuat oleh agensi berita pusat negara Korea Utara, KCNA.

Korea Utara pada hari Jumat mengatakan telah meluncurkan jenis baru rudal balistik taktis jarak pendek. Presiden AS Joe Biden mengatakan tes itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB, tetapi dia tetap terbuka untuk diplomasi dengan Pyongyang.

Simak juga video 'Ancam Amerika Serikat, Korut: Jangan Ada Bau Mesiu di Perbatasan':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/dwia)