Gedung Putih Tegaskan Biden Tak Ada Niat Bertemu Kim Jong-Un

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 13:25 WIB
US President Joe Biden gestures as he speaks on the anniversary of the start of the Covid-19 pandemic, in the East Room of the White House in Washington, DC on March 11, 2021. (Photo by MANDEL NGAN / AFP)
Joe Biden (dok. AFP/MANDEL NGAN)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, tidak berniat untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-Un. Gedung Putih menyatakan bahwa pendekatan Biden terhadap Korut akan berbeda dengan pemerintahan sebelumnya.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (30/3/2021), Korut baru saja meluncurkan rudal balistik jarak dekat tipe terbaru pekan lalu. AS telah meminta komisi sanksi pada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menggelar rapat dan membahas peluncuran rudal Korut.

Peluncuran rudal Korut itu menuai kecaman dari AS, termasuk Biden. Dalam tanggapannya, Biden menyatakan AS tetap terbuka untuk diplomasi dengan Korut meskipun ada peluncuran tersebut. Namun Biden juga memperingatkan bahwa akan ada respons kuat jika Korut semakin meningkatkan ketegangan.

Saat ditanya apakah pendekatan diplomatik Biden kepada Korut akan mencakup 'duduk bersama Presiden Kim Jong-Un' seperti yang dilakukan mantan Presiden Donald Trump, Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki, memberi jawaban tegas.

"Saya pikir pendekatannya akan sangat berbeda dan itu (duduk bersama Kim Jong-Un) bukan menjadi niatnya," tegas Psaki.

Trump diketahui menggelar tiga pertemuan dengan Kim Jong-Un, juga saling bertukar surat.

Namun hubungan kedua negara berujung buntu, setelah Korut menyatakan tidak akan terlibat lebih jauh dalam perundingan kecuali AS membatalkan kebijakan permusuhan.

Selanjutnya
Halaman
1 2