Korea Utara Luncurkan Proyektil Taktis Tipe Terbaru, AS Mengecam

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 13:13 WIB
This picture taken on Mar 25, 2021, and released from North Koreas official Korean Central News Agency (KCNA) on Mar 26, 2021, shows a test fire of a newly developed new-type tactical guided projectile in an undisclosed location in North Korea. (Photo: AFP/KCNA via KNS)
Foto KCNA menunjukkan proyektil taktis tipe baru yang diuji coba Korut pada Kamis (25/3) waktu setempat (AFP/KCNA via KNS)
Pyongyang -

Otoritas Korea Utara (Korut) mengklaim telah meluncurkan 'proyektil taktis tipe baru' pada Kamis (25/3) waktu setempat. Aktivitas peluncuran Korut ini menuai kecaman Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (26/3/2021), kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA) menyebut senjata baru ini didasarkan pada teknologi yang sudah ada, yang ditingkatkan untuk membawa hulu ledak seberat 2,5 ton.

KCNA menyebut bahwa dua senjata ini secara akurat mengenai target sejauh 600 kilometer dari pantai timur Korut. Namun klaim ini bertentangan dengan pernyataan otoritas Korea Selatan (Korsel) dan Jepang yang menyebut proyektil yang diluncurkan Korut mengudara sejauh 420-450 kilometer.

"Pengembangan sistem senjata ini sangat penting dalam memperkuat kekuatan militer negara dan menangkal segala bentuk ancaman militer," tegas Ri Pyong Chol, pemimpin senior Korut yang mengawasi uji coba itu, seperti dilaporkan KCNA.

Foto-foto yang dirilis KCNA menunjukkan sebuah rudal bercat hitam-putih meluncur ke angkasa dari sebuah kendaraan peluncur militer.

Pakar rudal untuk Pusat Kajian Nonproliferasi (CNS), James Martin, menganalisis tampaknya proyektil yang diluncurkan Korut merupakan rudal yang dipamerkan dalam parade militer di Pyongyang pada Oktober tahun lalu.

Jika memang benar, maka menurut Jeffrey Lewis dari CNS, proyektil yang diluncurkan pada Kamis (25/3) waktu setempat mungkin merupakan varian yang telah ditingkatkan dan mungkin lebih besar dari rudal KN-23 yang diuji coba sebelumnya, dengan 'hulu ledak yang sangat besar'.

Selanjutnya
Halaman
1 2