Bom Bunuh Diri di Makassar Jadi Sorotan Internasional

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Mar 2021 14:29 WIB
Anggota polisi mengamati motor yang digunakan terduga pelaku bom bunuh diri sebelum dievakuasi di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (29/3/2021). Kepolisian telah mengidentifikasi salah satu dari dua terduga pelaku bom bunuh diri yang terjadi pada Minggu (28/3/2021) di depan Gereja Katedral Makassa rberjenis kelamin laki-laki berinisial L sedangkan lainnya masih dalam proses identifikasi. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/aww.
Polisi berjaga di Gereja Katedral Makassar usai ledakan bom bunuh diri (dok. ANTARA/ARNAS PADDA)
Jakarta -

Ledakan bom bunuh diri yang mengguncang Gereja Katedral Makassar usai digelarnya misa Minggu Palma menjadi sorotan internasional. Media-media asing ramai memberitakan peristiwa yang menuai banyak kecaman ini.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (29/3/2021), media terkemuka Associated Press mengulas peristiwa itu dalam salah satu artikelnya berjudul 'Suicide bomb hits Palm Sunday Mass in Indonesia, 20 wounded'.

"Dua penyerang yang diyakini anggota jaringan militan yang menyatakan sumpah setiap pada kelompok Islamic State meledakkan diri mereka di luar sebuah katedral Katolik Roma yang penuh sesak saat Misa Minggu Palma di Pulau Sulawesi, Indonesia, melukai sedikitnya 20 orang, kata polisi," demikian tulis Associated Press mengawali artikelnya.

Media terkemuka lainnya, CNN, membahas bom bunuh diri ini dalam artikelnya berjudul '14 people injured in suspected suicide bombing outside Catholic church in Indonesia'.

"Para tersangka menggunakan sepeda motor dan meledakkannya di luar gereja yang sedang mengadakan kebaktian Pekan Suci Paskah ketika mereka dicegah masuk ke halaman," tulis CNN dalam artikelnya.

Media ternama Inggris, BBC, juga menyoroti bom bunuh diri itu dalam artikel berjudul 'Indonesia bombing: Worshippers wounded in Makassar church attack'.

"Dugaan serangan bom bunuh diri di luar sebuah gereja Katolik di kota Makassar, Indonesia menyebabkan sedikitnya 14 orang luka-luka, kata polisi," demikian penggalan artikel BBC.

Al Jazeera mengulas peristiwa ini dalam artikel berjudul 'Suicide attack rocks Indonesia church, several wounded'.

"Serangan terjadi pada hari Minggu (28/3) saat jemaat berada di dalam gereja di Pulau Sulawesi, tepat pada saat misa berakhir," tulis Al Jazeera dalam artikelnya.

Simak Video: Pelaku Pakai Bom Panci untuk Ledakkan Diri di Depan Katedral Makassar

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2