Tunjukkan Kartun Nabi ke Murid, Guru Inggris Dirumahkan-Sekolah Minta Maaf

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 16:53 WIB
Dozens of people gathered outside Batley Grammar School on Thursday morning
Batley Grammar School yang didemo setelah seorang guru menunjukkan karikatur Nabi Muhammad kepada murid-muridnya (BBC)
London -

Seorang guru yang menunjukkan karikatur Nabi Muhammad saat pelajaran di sebuah sekolah di West Yorkshire, Inggris, telah dinonaktikan. Sang kepala sekolah meminta maaf kepada orangtua murid terkait peristiwa yang sempat memicu aksi protes di luar gedung sekolah ini.

Seperti dilansir BBC dan The Guardian, Jumat (26/3/2021), puluhan orang berkumpul di luar Batley Grammar School di West Yorkshire pada Kamis (25/3) waktu setempat, untuk memprotes tindakan sang guru itu. Beberapa dari mereka menuntut agar sang guru, yang tidak disebut namanya, dipecat.

Dilaporkan bahwa karikatur Nabi itu ditunjukkan oleh seorang guru di Batley Grammar School dalam salah satu pelajaran pada Senin (22/3) waktu setempat.

Menanggapi insiden ini, Kepala Sekolah Batley Grammar School, Gary Kibble, menyampaikan permohonan maaf dalam emailnya kepada para orangtua murid. Dia juga menjanjikan penyelidikan lebih lanjut.

"Setelah diselidiki, jelas bahwa sumber yang digunakan dalam pelajaran itu sama sekali tidak tepat dan memiliki kapasitas untuk memicu penghinaan besar terhadap anggota komunitas sekolah kita, untuk itu, kami ingin menyampaikan permintaan maaf yang tulus dan menyeluruh," tulis Kibble dalam email kepada orangtua murid.

"Sekolah sedang menyelidiki persoalan ini dengan menggunakan proses formal dan kami berterima kasih atas dukungan otoritas setempat," imbuhnya.

Dituturkan oleh Kibble bahwa pihak sekolah telah menghapus gambar dan konten tersebut, serta akan melakukan pengkajian terhadap mata pelajaran kajian keagamaan -- mata pelajaran saat karikatur Nabi ditunjukkan -- demi memastikan tidak ada sumber tidak pantas yang digunakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2