Tunjukkan Kartun Nabi Muhammad ke Murid, Guru di Inggris Didemo Warga

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Mar 2021 16:03 WIB
The union flag flies over the Houses of Parliament in Westminster, in central London, Britain June 24, 2016.     REUTERS/Phil Noble
Ilustrasi (dok. REUTERS/Phil Noble)
London -

Aksi protes digelar di luar sebuah sekolah di West Yorkshire, Inggris, setelah salah satu guru menunjukkan sebuah karikatur Nabi Muhammad kepada murid-muridnya. Puluhan orang berkumpul di luar sekolah untuk memprotes tindakan sang guru itu.

Seperti dilansir BBC dan The Guardian, Jumat (26/3/2021), kartun Nabi itu ditunjukkan oleh seorang guru, yang tidak disebut namanya, dalam salah satu pelajaran di Batley Grammar School di West Yorkshire pada Senin (22/3) waktu setempat.

Sejumlah video yang diposting secara online menunjukkan puluhan orang berdiri di Batley Grammar School pada Kamis (25/3) waktu setempat, dengan beberapa demonstran menuntut sang guru dipecat.

Salah satu demonstran, seorang warga setempat bernama Abdullah, menyebut karikatur Nabi itu menghina 'seluruh komunitas Muslim'. Abdullah menuturkan bahwa dirinya bukan orangtua murid namun memiliki kerabat di sekolah tersebut. Dia mengklaim ada 100 orang, termasuk para murid, yang ikut aksi protes.

"Inilah saatnya ketika kita tidak bisa tinggal diam, kita perlu berdiri dan memberitahu mereka, kepala sekolah, sekolah dan lembaga pemerintahan, bahwa ini bukan hal yang ringan. Ada garis yang tidak bisa Anda lewati," ucap Abdullah kepada BBC.

Salah satu orangtua murid yang enggan disebut namanya menuturkan kepada BBC Radio Leeds bahwa dirinya kecewa karena karikatur Nabi ditunjukkan saat pelajaran di sekolah, namun dia menyatakan tidak setuju dengan aksi protes itu. "Cukup menakutkan dan mengintimidasi," sebutnya.

Seorang orangtua murid lainnya menyebut penggunaan material semacam itu 'tidak tepat dan tidak bisa diterima' dan dia mungkin mempertimbangkan untuk memindahkan anaknya ke sekolah lain.

Simak juga video 'Macron Bantah Telah Hinakan Nabi Muhammadl':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2