Pesawat Tempur Arab Saudi Gempur Posisi Houthi di Yaman

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 22 Mar 2021 10:12 WIB
Operasi militer pimpinan Arab Saudi melawan pemberontak Houthi di Yaman telah terjadi lebih dari enam tahun terakhir.
Ilustrasi (Dok. Getty Images)
Riyadh -

Pesawat-pesawat tempur milik koalisi pimpinan Arab Saudi menggempur pangkalan kelompok pemberontak Houthi di Yaman. Gempuran ini menjadi balasan atas serangan Houthi terhadap kilang minyak Saudi pada akhir pekan.

Seperti dilansir Bloomberg dan Al Jazeera, Senin (22/3/2021), sejumlah warga setempat menuturkan bahwa gempuran koalisi Saudi pada Minggu (21/3) pagi ini menargetkan kamp-kamp militer di ibu kota Sanaa yang dikuasai Houthi. Saudi juga menargetkan fasilitas Houthi di dekat bandara Sanaa dan di pinggiran ibu kota Yaman tersebut. Gempuran Saudi juga dilaporkan mengenai posisi Houthi di Provinsi Hodeidah.

Beberapa warga Sanaa menuturkan kepada Reuters bahwa pesawat tempur koalisi Saudi membombardir area-area yang menjadi lokasi kamp militer Houthi di Sanaa bagian selatan dan sebuah lokasi manufaktur militer di sebelah utara kota tersebut.

Secara terpisah, laporan Al-Masirah TV yang dikelola Houthi juga melaporkan serangan udara koalisi Saudi di wilayah Sanaa.

Gempuran udara koalisi Saudi itu dilancarkan setelah Houthi mengaku bertanggung jawab atas serangan enam drone bermuatan peledak di salah satu kilang minyak di Riyadh pada Jumat (19/3) lalu. Serangan drone itu memicu sebuah kebakaran, yang untungnya berhasil dikendalikan. Tidak ada laporan korban jiwa.

Pada Sabtu (20/3) waktu setempat, koalisi Saudi menyatakan pihaknya berhasil mencegat dan menghancurkan sebuah drone bermuatan peledak yang diluncurkan ke arah Khamis Mushait, Saudi bagian selatan.

Beberapa pekan terakhir, pemberontak Houthi meningkatkan serangan ke wilayah Saudi. Otoritas Saudi dalam sejumlah pernyataannya mengklaim telah mencegat sebagian besar drone dan rudal yang ditembakkan Houthi ke wilayahnya, dengan target bervariasi seperti bandara, pangkalan udara dan infrastruktur energi.

Simak juga video 'Iran Tuding AS Sengaja Dorong Arab Saudi di Perang Yaman':

[Gambas:Video 20detik]