Ribuan Dosis Vaksin Sputnik V Palsu Disita di Bandara Meksiko

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 14:00 WIB
Vaksin Sputnik V Buatan Rusia Punya Keampuhan Lebih dari 90 Persen
Ilustrasi (dok. DW News)
Mexico City -

Otoritas Meksiko menyita ribuan dosis vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Rusia, Sputnik V, yang diketahui palsu. Vaksin palsu itu disita di bandara setempat saat hendak diterbangkan ke Honduras.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (19/3/2021), hal tersebut diungkapkan oleh Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) yang bertanggung jawab atas ekspor vaksin Corona. Penyitaan vaksin palsu itu dilakukan otoritas Meksiko pada Kamis (18/3) waktu setempat.

"Hari ini, otoritas Meksiko menyita satu batch vaksin yang didesain dan dikemas sebagai Sputnik V," demikian pernyataan RDIF pada Kamis (18/3) waktu setempat.

"Analisis foto dari batch vaksin yang disita, termasuk desain kontainer dan label, menunjukkan bahwa itu palsu yang tidak ada hubungannya dengan vaksin asli," imbuh pernyataan tersebut.

Belum diketahui pasti siapa dalang atau tersangka di balik pengiriman vaksin Sputnik V palsu ini.

Otoritas Meksiko dalam pernyataannya menyebut satu batch vaksin palsu berisi 5.773 dosis itu disita di Bandara Internasional Campeche. Disebutkan bahwa vaksin-vaksin palsu itu akan dibawa ke Honduras dengan pesawat pribadi.

Label yang terpasang pada botol-botol vaksin palsu itu memiliki kesalahan ejaan dalam bahasa Rusia.