Arab Saudi Hancurkan 10 Drone Kiriman Houthi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 08 Mar 2021 00:02 WIB
Koalisi militer Arab Saudi izinkan pengungsian pemberontak Houthi Yaman
Pemberontakan houthi di Yaman (Ilustrasi/Foto: BBC World)
Jakarta -

Koalisi pimpinan Arab Saudi yang terlibat di Yaman mengatakan bahwa pihaknya menghancurkan 10 drone yang diluncurkan oleh gerakan houthi yang berpihak kepada Iran. Laporan saluran televisi pemerintah Saudi mengatakan lima dari drone itu diarahkan ke Arab Saudi.

Dilansir Reuters, Minggu (7/3/2021) koalisi Arab Saudi tidak menentukan lokasi di kerajaan itu tetapi mengatakan drone ditujukan ke 'situs sipil'. Pada Sabtu kemarin koalisi mengatakan mereka berhasil mencegat 7 drone selama 24 jam yang diluncurkan menuju Khamis Mushait dan satu menuju Jazan, dua daerah itu berada di Arab Saudi selatan.

Houthi memerangi koalisi Arab Saudi dalam perang saudara Yaman sejak Maret 2015, baru-baru ini mereka meningkatkan serangan rudal dan drone lintas batas ke Arab Saudi. Pertempuran juga semakin intensif di Yaman di wilayah Marib dan Taiz.

Saluran televisi nasional Saudi mengutip bahwa koalisi mengatakan peningkatan serangan Houthi adalah hasil dari "kemenangan" koalisi Arab Saudi di Marib dan karena "interpretasi bermusuhan" Houthi atas keputusan oleh pemerintah AS yang baru pada bulan Februari untuk mencabut penunjukan teroris pada kelompok tersebut.

Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah meningkatkan upaya diplomatik untuk mengakhiri konflik di kawasan tersebut, di mana sebagian besar dilihat sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran.

Pekan lalu, Departemen Keuangan menjatuhkan sanksi pada dua pemimpin militer Houthi dalam tindakan hukuman pertama terhadap kelompok yang diputuskan oleh pemerintahan Presiden Joe Biden.

Selanjutnya
Halaman
1 2