Jasad Kyal Sin 'Angel' Diautopsi Otoritas Myanmar, Ada Peluru Tembus Kepala

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 07 Mar 2021 10:38 WIB
Kyal Sin, gadis yang ditembak mati saat ikut aksi protes anti-kudeta di Myanmar.
Kyal Sin 'Angel' yang tewas tertembak saat demo Myanmar (Foto: Facebook)

Seorang juru bicara militer tidak menjawab panggilan untuk dimintai komentar. Reuters juga tidak dapat menghubungi pihak kepolisian.

Televisi pemerintah itu mengatakan pihak berwenang telah meminta izin keluarga untuk menggali jenazah, tetapi tidak mengatakan apakah itu diberikan. Reuters juga tidak dapat menghubungi pihak keluarga korban.

Menurut para pengunjuk rasa di Mandalay, pada hari Rabu (3/3) itu mereka mengaku mendapat serangan peluru tajam pada saat Kyal Sin terbunuh. Gambar yang diterbitkan oleh Reuters menunjukkan bahwa Kyal Sin menoleh ke arah barisan pasukan keamanan di saat-saat sebelum dia terbunuh.

Penduduk mengatakan tubuh Kyal Sin telah digali pada hari Jumat (5/3) oleh tim yang tiba di bawah penjagaan polisi dan militer dan menjauhkan orang dari lokasi kuburan.

Kyal Sin termasuk di antara sedikitnya 38 orang yang tewas pada Rabu (3/3), hari paling berdarah sejauh ini dalam upaya pasukan keamanan untuk menghentikan protes terhadap kudeta yang telah memicu demonstrasi harian selama lebih dari sebulan.

Junta militer mengatakan pihaknya telah menahan diri untuk menggunakan kekuatan, tetapi tidak akan membiarkan protes mengancam stabilitas.

Para pengunjuk rasa menolak janji militer untuk melaksanakan pemilihan baru dan menuntut pembebasan Aung San Suu Kyi dan tahanan lainnya.

Halaman

(izt/haf)