Round Up

Kala Presiden Brasil Minta Warga Setop Mengeluh soal Corona

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Mar 2021 05:32 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro ikut turun ke jalan dan berbicara di hadapan para pendukungnya. Dia menyapa pendukungnya dengan tidak memakai masker.
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro (Foto: Getty Images/Andressa Anholete)
Brasilia -

Kondisi Brasil yang sedang dihantam lonjakan kasus infeksi virus Corona (COVID-19) membuat Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mendesak warganya untuk 'berhenti mengeluh'. Bolsonaro juga kembali menyerang kebijakan yang mengimbau warga tetap di rumah untuk mengendalikan penyebaran virus, yang kini membuat rumah sakit di Brasil nyaris kewalahan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (5/3/2021), permintaan itu dilontarkan Bolsonaro saat Brasil mencetak rekor tertinggi untuk jumlah kematian Corona dalam sehari selama dua hari berturut-turut. Sejak angka melonjak, beberapa kota dan negara bagian di Brasil kembali memberlakukan lockdown (penguncian).

"Berhenti mengeluh. Berapa lama Anda akan terus menangis soal itu?" ucap Bolsonaro dalam komentarnya untuk warga Brasil. Komentar itu disampaikan Bolsonaro saat menghadiri peresmian jalur kereta baru di wilayah Goais pada Kamis (4/3) waktu setempat.

"Berapa lama Anda akan tetap di rumah? Berapa lama Anda akan terus menutup semuanya? Orang-orang sudah tidak tahan lagi," imbuh Bolsonaro yang kerap mencemooh nasihat pakar soal cara memerangi Corona meski dia pernah terinfeksi tahun lalu.

"Kita menyesali kematian yang terjadi... Tapi di mana Brasil akan berakhir jika kita menutup semuanya?" ujarnya.

Sebelumnya, Bolsonaro memicu kontroversi dengan menyebut Corona sebagai 'flu ringan', mengejek imbauan tetap di rumah dan aturan wajib masker, bahkan menyebut vaksinasi Corona bisa mengubah manusia menjadi 'buaya'. Bolsonaro sendiri tidak bersedia disuntik vaksin Corona.

Brasil kini menghadapi pekan paling mengerikan sejak pandemi menggoyahkan negara itu. Rata-rata kematian harian akibat Corona melebihi 1.300 orang setiap harinya selama tujuh hari terakhir.

Tonton video 'Setiap 50 Detik Ada 1 Kematian di Brasil':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2