Filipina Kembali Deteksi 52 Kasus Corona Varian Afrika Selatan

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 18:13 WIB
Women wear masks as a precautionary measure against the spread of COVID-19 coronavirus in Manila on March 13, 2020 (Photo by Maria TAN / AFP)
Ilustrasi (dok. AFP/Maria TAN)
Manila -

Otoritas Filipina kembali mendeteksi puluhan kasus varian baru virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Sekitar 52 kasus varian baru Corona di antaranya merupakan varian Afrika Selatan (Afsel) yang disebut sangat mudah menular.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (5/3/2021), Kementerian Kesehatan Filipina dalam pernyataannya mengumumkan bahwa sebagian besar, atau sekitar 41 kasus varian Afsel yang juga disebut sebagai B1351 itu, terdeteksi di wilayah ibu kota Manila. Sementara sisanya masih diverifikasi lokasinya.

Diketahui bahwa Filipina pertama melaporkan enam kasus varian Afsel pada Selasa (2/3) lalu.

Pada Jumat (5/3) waktu setempat, Kementerian Kesehatan Filipina juga melaporkan 31 kasus varian baru Corona yang pertama terdeteksi di Inggris, atau biasa disebut varian Inggris yang juga lebih mudah menular.

Selain varian Afsel dan Inggris, Kementerian Kesehatan Filipina juga mengungkapkan pihaknya mendeteksi 42 kasus lainnya dari 'mutasi yang berpotensi signifikan secara klinis' dalam sampel-sampel yang dikumpulkan dari warga Filipina yang baru pulang dari luar negeri dan para resident di Manila serta Filipina bagian tengah.

Kemunculan kasus-kasus varian baru Corona ini menambah tantangan bagi Filipina dalam memerangi pandemi yang terus merajalela.

Filipina telah memulai program vaksinasi Corona sejak Senin (1/3) lalu, namun para pakar kesehatan khawatir jika temuan varian baru Corona dapat mempersulit program tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2