Puluhan Penguin di Norwegia Divaksin, Segera Akhiri Isolasi

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 13:20 WIB
Aksi sekelompok penguin di Festival Es Harbin, China, menarik perhatian pengunjung. Seperti apa tingkah lucu nan menggemaskan para penguin itu?
Ilustrasi (dok. Reuters/Tyrone Siu)
Oslo -

Puluhan ekor penguin di Norwegia hidup dalam isolasi ketat selama berbulan-bulan akibat virus flu burung yang sangat menular, H5N8. Namun, dalam waktu dekat, hewan-hewan ini akan bisa kembali pergi keluar dan menjalani kehidupan normal seperti semula setelah mendapatkan vaksin yang menyelamatkan nyawa mereka.

Situasi yang dialami puluhan penguin di Norwegia ini mengingatkan dengan situasi pandemi virus Corona (COVID-19) yang tengah dihadapi manusia di berbagai belahan Bumi, yang diisolasi dan kini kebetulan juga menunggu giliran divaksin agar terbebas dari pandemi.

Seperti dilansir AFP, Jumat (5/3/2021), sebanyak 29 penguin gentoo di Akuarium Bergen Norwegia ditempatkan dalam isolasi ketat, dengan terpal dibentangkan di atas kandang mereka sejak awal Desember tahun lalu setelah kasus flu burung H5N8 yang sangat menular terdeteksi di negara itu.

"Karena ini, Otoritas Kesehatan Makanan memberlakukan jam malam: seluruh unggas dalam penangkaran harus dijaga di bawah satu atap," ucap Direktur Akuarium Bergen Norwefia, Aslak Sverdryo, kepada AFP, pada Kamis (4/3) waktu setempat.

Namun, akhir dari isolasi ketat bagi penguin-penguin ini sudah di depan mata, dengan datangnya pasokan vaksin flu burung.

Penguin paling tua dan paling rentan menerima suntikan dosis pertama pada Rabu (3/3) waktu setempat, yang diikuti oleh penguin-penguin yang lebih muda pada Kamis (4/3) waktu setempat.

Di antara penguin yang divaksin ada yang bernama 'Erna', yang diambil dari nama Perdana Menteri Erna Solberg yang pernah menjalani pekerjaan musim panas di akuarium tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2