Kematian Tinggi, Presiden Brasil Minta Warga Setop Mengeluh Soal Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 05 Mar 2021 12:46 WIB
Brazils President Jair Bolsonaro greets supporters after voting during the run-off municipal elections in Rio de Janeiro, Brazil, Sunday, Nov. 29, 2020. Bolsonaro, who sometimes has embraced the label
Jair Bolsonaro (dok. AP Photo/Silvia Izquierdo)
Brasilia -

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mendesak warganya untuk 'berhenti mengeluh' soal virus Corona (COVID-19). Bolsonaro juga kembali menyerang kebijakan yang mengimbau warga tetap di rumah untuk mengendalikan penyebaran Corona. Hal ini disampaikannya di tengah lonjakan kasus infeksi Corona yang membuat rumah sakit di Brasil nyaris kewalahan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (5/3/2021), komentar terbaru Bolsonaro itu disampaikan setelah Brasil mencetak rekor tertinggi untuk jumlah kematian Corona dalam sehari selama dua hari berturut-turut. Beberapa kota dan negara bagian di Brasil pun kembali memberlakukan lockdown (penguncian) sebagai akibat lonjakan kematian itu.

"Berhenti mengeluh. Berapa lama Anda akan terus menangis soal itu?" ucap Bolsonaro dalam komentarnya untuk warga Brasil. Komentar itu disampaikan Bolsonaro saat menghadiri peresmian jalur kereta baru di wilayah Goais pada Kamis (4/3) waktu setempat.

"Berapa lama Anda akan tetap di rumah? Berapa lama Anda akan terus menutup semuanya? Orang-orang sudah tidak tahan lagi," imbuh Bolsonaro yang kerap mencemooh nasihat pakar soal cara memerangi Corona meski dia pernah terinfeksi tahun lalu.

"Kita menyesali kematian yang terjadi... Tapi di mana Brasil akan berakhir jika kita menutup semuanya?" ujarnya.

Nyaris 260 ribu orang telah meninggal dunia akibat Corona di Brasil. Angka ini tercatat sebagai angka kematian Corona tertinggi kedua di dunia, setelah Amerika Serikat (AS).

Negara ini baru saja mengalami pekan paling mematikan sepanjang pandemi Corona, dengan rata-rata kematian harian akibat Corona melebihi 1.300 orang setiap harinya selama tujuh hari terakhir.

Simak video 'Brasil Catat 250.000 Kematian Akibat Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2