Mesir Hukum Gantung 11 Terpidana Kasus Pembunuhan

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Selasa, 02 Mar 2021 18:33 WIB
Penyanyi Nigeria divonis hukuman mati setelah dituduh menghujat Nabi Muhammad
Ilustrasi (Foto: BBC World)
Kairo -

Pihak berwenang Mesir melakukan eksekusi mati terhadap 11 terpidana yang dihukum akibat pembunuhan. Negara terpadat di Arab ini melaksanakan eksekusi dengan cara digantung.

Para aktivis HAM menyebut aksi itu sebagai "pesta eksekusi yang mengerikan".

"Sebelas orang dieksekusi di penjara Borg al-Arab dekat kota Alexandria," kata sumber keamanan tanpa menyebut nama, seperti dilansir AFP, Selasa (2/3/2021).

"Mereka semua dihukum dalam kasus pembunuhan kriminal karena berbagai pembunuhan dalam beberapa tahun terakhir di wilayah Alexandria dan Beheira," imbuh sumber tersebut.

Sebelumnya pada Sabtu lalu (27/2), eksekusi serupa juga dilakukan terhadap lima narapidana, termasuk tiga wanita yang juga dihukum gantung.

Pada bulan Desember 2020, kelompok hak asasi manusia Amnesty International memprihatinkan "peningkatan eksekusi yang mengerikan" oleh otoritas Mesir di bawah pemerintahan Presiden Abdel-Fattah al-Sisi.

Dalam kudeta 2013, Sisi naik ke tampuk kekuasaan setelah menggulingkan presiden Mohammed Mursi. Pemerintahan Sisi kerap diwarnai tindakan kekerasan yang terus-menerus dan meluas untuk meredam perbedaan pendapat di negara itu.

Pada Oktober-November 2020, kelompok Amnesty International mengatakan setidaknya 57 pria dan wanita telah dieksekusi mati dengan cara dihukum gantung.

Selanjutnya
Halaman
1 2