Auckland Lockdown Lagi Usai Satu Kasus Corona Terdeteksi

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 17:41 WIB
New Zealands Prime Minister Jacinda Ardern (R) speaks during a joint press conference with the leader of the Neterlands at Government House in Auckland on October 8, 2019. (Photo by DAVID ROWLAND / AFP)
PM Jacinda Ardern memerintahkan lockdown terbaru di Auckland setelah terdeteksi satu kasus baru Corona (dok. DAVID ROWLAND/AFP)

Kemunculan wabah baru Corona di Auckland pada pertengahan Februari berawal dari sebuah keluarga beranggotakan tiga orang, yang terinfeksi varian Inggris yang lebih mudah menular. Beberapa orang lainnya melaporkan gejala Corona, dengan sebuah sekolah di Auckland Selatan menjadi faktor penghubungnya.

Ardern menyalahkan penyebaran kasus penularan lokal -- penularan terjadi di tengah masyarakat -- pada orang-orang yang tidak mengisolasi diri saat mereka seharusnya melakukan itu. Dalam kasus terbaru, terungkap bahwa pasien yang positif Corona itu sempat mengunjungi dokter pada Jumat (26/2) waktu setempat dan kemudian pergi ke gym.

"Ini membuat frustrasi," sebut Ardern.

Diungkapkan Ardern dalam konferensi pers bahwa otoritas Selandia Baru memiliki kemampuan untuk mengambil tindakan penegakan hukum terhadap para pelanggar aturan, tapi itu perlu diimbangi dengan memastikan orang-orang yang mengalami gejala Corona untuk aktif melapor.

"Kita akan selalu mempertimbangkan, apakah kita menciptakan lingkungan di mana orang-orang akan terbuka dan jujur?" ucapnya.

"Kita berurusan dengan orang-orang muda di sini dan yang kami minta dari mereka untuk dilakukan adalah berbagi dengan kami seluruh kehidupan mereka, dan itu sangat penting karena kita memiliki situasi di mana orang-orang mampu dan mau melakukan itu," imbuh Ardern.

Selandia Baru menuai pujian dunia atas langkahnya menangani pandemi Corona, dengan sejauh ini hanya mencatat 25 kematian dari total populasi 5 juta jiwa.

Halaman

(nvc/idh)