Aksi Pria China Sit-Up di Tiang Listik Picu Pemadaman Puluhan Ribu Rumah

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 14:22 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Ilustrasi (dok. ebcitizen.com)
Beijing -

Seorang pria di China memanjat tiang listrik dan melakukan sit-up di atasnya. Aksi pria ini membuat warga terpukau, namun juga memicu pemadaman listrik untuk puluhan ribu rumah di sekitarnya.

Seperti dilaporkan media lokal China, People's Daily dan dilansir AFP, Selasa (23/2/2021), pria yang tidak disebut namanya ini ditangkap polisi usai melakukan aksi berbahaya itu di pinggiran kota Chengdu, pada Minggu (21/2) malam waktu setempat.

Momen saat pria China memanjat tiang listrik dan melakukan sit-upMomen saat pria China memanjat tiang listrik dan melakukan sit-up Foto: Screenshot YouTube/People's Daily

Video yang dirilis media lokal menunjukkan pria itu tergantung di ketinggian sekitar 10 meter dan melakukan aksi sit-up di atas tiang.

"Perusahaan listrik setempat melakukan pemadaman listrik darurat ... yang berdampak pada puluhan ribu rumah," sebut People's Daily dalam laporannya.

Petugas darurat, termasuk tenaga medis, dikerahkan ke lokasi saat insiden itu berlangsung. Tidak diketahui jelas motif pria itu melakukan sit-up di tiang listrik.

Media nasional China memperingatkan publik untuk tidak meniru pria itu. "Perilaku pria itu terlalu berbahaya!" demikian bunyi peringatan dari salah satu media nasional China.

Insiden ini menjadi topik pembahasan di media sosial China, dengan salah satu tagar terkait insiden itu telah digunakan sebanyak setidaknya 1,7 juta kali.

"Saya kesal karena tidak ada listrik... dan ketika saya melihat berita dan tahu alasannya, saya merasa kesal dan sekaligus geli," tutur salah satu pengguna Weibo mengomentari insiden itu.

(nvc/tor)