Aktivis Malaysia Ajukan Gugatan untuk Setop Deportasi 1.200 Warga Myanmar

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 10:20 WIB
Aung San Suu Kyi  ditahan militer, masa partainya berkuasa ribuan warga Rohingya tepaksa meninggalkan kampung halamanya, simak lagi foto-fotonya.
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Malaysia awalnya menyatakan "keprihatinan serius" atas kudeta tersebut, tetapi hanya beberapa hari kemudian, muncul berita bahwa pihaknya telah menerima tawaran dari junta Myanmar yang mengirim kapal perang guna memulangkan 1.200 warganya.

Para pejabat Malaysia mengatakan mereka yang dipulangkan telah melakukan pelanggaran termasuk memperpanjang visa mereka. Malaysia menegaskan tidak ada warga etnis minoritas Muslim Rohingya dalam kelompok itu.

Menurut Direktur Internasional Yayasan Geutanyoe yang bekerja dengan badan pengungsi, Lilianne Fan, di antara mereka yang akan dideportasi adalah para anggota minoritas Chin Kristen dan warga dari negara bagian Kachin dan Shan yang dilanda konflik.

Malaysia adalah rumah bagi jutaan migran dari negara-negara Asia lainnya yang hidup dalam garis kemiskinan. Selain Myanmar, para migran kebanyakan berasal dari negara-negara seperti Bangladesh dan Indonesia.

Halaman

(izt/nvc)