International Updates

Mesin Boeing Terbakar di Udara, Arab Saudi Buka Pendaftaran Tentara Wanita

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 17:50 WIB
Ilustrasi pesawat
ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Insiden mesin terbakar di udara menimpa sebuah pesawat kargo jenis Boeing 747 yang terbang ke New York, Amerika Serikat (AS), dari Belanda. Sedikitnya dua orang mengalami luka-luka di Belanda setelah puing-puing logam dari salah satu mesin pesawat yang terbakar jatuh ke daratan.

Seperti dilansir CNN, Senin (22/2/2021), inspektur keselamatan regional Belanda, Veiliheidsregio dan Bandara Maastricght Aachen (MAA) menyatakan bahwa salah satu mesin pesawat kargo terbakar di udara tak lama setelah lepas landas dari Maastricht pada Sabtu (20/2) waktu setempat. Serpihan logam dari mesin pesawat kargo itu berjatuhan ke wilayah kota Meerssen.

Menurut pemilik pesawat kargo itu, Longtail Aviation, yang berbasis di Bermuda, pesawat jenis Boeing 747-400 itu terbang menuju Bandara John F Kennedy (JFK) di New York City saat insiden terjadi.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (22/2/2021):

- Arab Saudi Buka Pendaftaran untuk Tentara Perempuan

Arab Saudi mengumumkan terobosan baru soal rekrutmen tentara perempuan. Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Arab Saudi mengumumkan bahwa kaum perempuan dan pria di negara itu sekarang dapat melamar posisi di sektor militer melalui portal penerimaan terpadu mereka.

Seperti dilansir Al-Arabiya, Senin (22/2/2021) para perempuan diizinkan mendaftar di berbagai pos penempatan, seperti di Angkatan Darat, Pertahanan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Kerajaan Saudi, Pasukan Rudal Strategis Kerajaan Saudi, dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Menurut Kemenhan Arab Saudi, wanita berkewarganegaraan Arab Saudi bisa direkrut sebagai tentara, kopral, sersan, dan staf sersan.

- Trump Pernah Tawari Kim Jong-Un Naik Air Force One Tapi Ditolak

Dokumenter media terkemuka Inggris, BBC, mengungkapkan bahwa mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, sempat menawari pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-Un, untuk naik pesawat kepresidenan AS, Air Force One, usai pertemuan bersejarah di Hanoi, Vietnam, dua tahun lalu.

Laporan dokumenter terbaru BBC berjudul 'Trump Takes on the World', seperti dilansir AFP, Senin (22/2/2021), mengungkapkan bahwa usai pertemuan itu, Trump menawari tumpangan pulang dengan Air Force One kepada Kim Jong-Un. Namun tawaran Trump itu ditolak oleh Kim Jong-Un.

Diketahui bahwa dalam pertemuan bersejarah di Hanoi tahun 2019 lalu, Trump dan Kim Jong-Un bertemu untuk kedua kalinya di tengah upaya diplomasi luar biasa antara AS dan Korut. Namun tidak ada kemajuan substansif yang dicapai, dengan prosesnya menemui jalan buntu setelah kedua pemimpin tidak mencapai kesepakatan soal pencabutan sanksi dan tindakan yang harus dilakukan Korut sebagai balasannya.

Menurut dokumenter BBC, Trump 'mengejutkan bahkan para diplomat paling berpengalaman' dengan menawarkan tumpangan pulang dengan Air Force One kepada Kim Jong-Un.

- Mesin Boeing 777 Terbakar di Udara, FAA Tingkatkan Inspeksi

Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat (AS) atau FAA meningkatkan inspeksi terhadap pesawat jenis Boeing 777 setelah insiden terbakarnya mesin pesawat United Airlines yang mengudara ke Hawaii pada Sabtu (20/2) waktu setempat.

Seperti dilansir CNN, Senin (22/2/2021), Administrator FAA, Steve Dickson, menyatakan bahwa peningkatan inspeksi dilakukan terhadap pesawat jenis Boeing 777 yang dilengkapi mesin Pratt & Whitney PW4000. Beberapa pesawat jenis tersebut, sebut Dickson, akan di-grounded dari layanan.