Prioritaskan Nakes, Lebanon Mulai Program Vaksinasi COVID-19

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 14 Feb 2021 17:30 WIB
Members of the healthcare staff wait to administer the COVID-19 Pfizer/BioNTech vaccine at Lebanons Rafik Hariri Hospital in the capital Beirut, on February 14, 2021, as the country kickstarts its inoculation campaign. - Lebanon gave its first COVID-19 vaccine dose to a doctor, as it started inoculation it hopes will keep the pandemic in check amid a deepening economic crisis. (Photo by ANWAR AMRO / AFP)
Tenaga medis menanti vaksinasi di Lebanon (Foto: AFP/ANWAR AMRO)
Beirut -

Lebanon memulai program vaksinasi corona atau COVID-19 pertamanya untuk para dokter dan tenaga medis pada Minggu (14/2). Hal itu dilakukan untuk mengatasi angka penularan COVID-19 di negara tersebut.

Seperti dilansir AFP, Minggu (14/2/2021) kepala unit perawatan intensif Rumah Sakit Rafif Hariri, Mahmoud Hassoun, menjadi orang pertama di Lebanon yang menerima vaksinasi.

"Mudah-mudahan ini akan menjadi awal untuk diakhirinya wabah di negara ini," kata Hassoun kepada AFP.

Dia menerima vaksin Pfizer/BioNTech, sehari setelah 28.500 dosis pertama mendarat di bandara Beirut.

Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab mengunjungi rumah sakit Beirut dan memuji kerja keras petugas kesehatan. Ia menyebut masih menunggu gilirannya untuk divaksinasi.

"Hari ini bukan giliranku," kata Perdana Menteri berusia 61 tahun itu.

"Prioritasnya adalah sektor kesehatan, yang telah berkorban besar, dan kita harus memberikan semua perlindungan yang memungkinkan agar mereka dapat menjalankan misi dan melindungi masyarakat," katanya.

Petugas kesehatan di tiga rumah sakit Beirut akan menerima vaksin pertama mereka pada hari Minggu (14/2) dimana selanjutnya target vaksinasi akan diutamakan untuk masyarakat berusia diatas 75 tahun.

Bank Dunia telah mengalokasikan $ 34 juta (Rp 475 miliar) untuk menginokulasi dua juta dari enam juta penduduk Lebanon.

Saksikan juga 'Oxford-AstraZeneca Uji Coba Vaksin COVID-19 untuk Anak':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2