19 Orang Tewas Akibat Ledakan di Pabrik Petasan India

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 16:15 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (dok. Thinkstock)
New Delhi -

Sedikitnya 19 orang tewas akibat ledakan di sebuah pabrik petasan di India. Puluhan orang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden yang sama.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (13/2/2021), ledakan itu mengguncang satu pabrik petasan di distrik Virudhunagar pada Jumat (12/2) sore waktu setempat. Ledakan di pabrik petasan ini tercatat sebagai salah satu insiden terparah dalam beberapa tahun terakhir di wilayah Tamil Nadu, India.

Pejabat setempat, R Kannan, menuturkan kepada AFP bahwa jumlah korban tewas masih mungkin bertambah dalam beberapa jam ke depan.

"Sejauh ini, 34 orang mengalami luka-luka dan sedang menjalani perawatan. Beberapa dari mereka mengalami luka bakar parah," tutur Kannan.

Ditambahkan Kannan bahwa saat ledakan terjadi, diperkirakan ada sekitar 74 orang di dalam pabrik. Penyebab ledakan itu masih belum diketahui pasti.

Laporan media-media lokal menyebut pabrik petasan itu beroperasi secara ilegal. Portal berita lokal, The Newsminute, melaporkan bahwa pemilik pabrik itu kini menghilang dan pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab ledakan itu.

Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, telah mengumumkan kompensasi 200 ribu Rupee (Rp 38,5 juta) untuk keluarga korban tewas dalam ledakan itu.

(nvc/idh)