Gedung Putih Belum Bisa Pastikan Tanggal Spesifik Biden Telepon Netanyahu

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 12 Feb 2021 09:54 WIB
President Joe Biden speaks at the Pentagon, February 10, 2021, in Washington, DC. - Harris and Biden are visiting the Pentagon for the first time since taking office. (Photo by Alex Brandon / POOL / AFP)
Presiden AS Joe Biden (Foto: AFP/ALEX BRANDON)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendapat sorotan karena belum juga menelepon Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Gedung Putih pun angkat bicara pada Kamis (11/2) dan mengatakan Biden akan 'segera' menelepon Netanyahu tetapi belum memiliki rencana khusus untuk melakukannya.

Seperti dilansir AFP, Jumat (12/2/2021), tiga minggu setelah pelantikannya, Biden kembali merangkul para sekutu lama AS dan mempertahankan beberapa pemimpin yang cukup dekat dengan pendahulunya Donald Trump.

"Presiden berharap bisa berbicara dengan Perdana Menteri Netanyahu," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki kepada wartawan.

"Dia (Biden) akan segera berbicara dengannya. Saya belum mengetahui tanggal atau waktu spesifik untuk telepon itu,"katanya.

Psaki mengatakan AS dan Israel memiliki 'hubungan penting' dan menyebutnya sebagai 'mitra kunci'.

Sejumlah kebijakan juga kembali dilakukan, di mana Departemen Luar Negeri memperjelas penentangannya terhadap permukiman Israel di wilayah Palestina.

"Sangat penting untuk menahan diri dari langkah-langkah sepihak yang memperburuk ketegangan demi memajukan solusi dua negara," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price kepada wartawan.

"Langkah sepihak itu termasuk aneksasi wilayah, aktivitas pemukiman, pembongkaran, hasutan untuk melakukan kekerasan, pemberian kompensasi bagi individu di penjara atas tindakan terorisme," katanya, juga merujuk pada dana kontroversial Palestina yang membayar narapidana di tahanan Israel.

Tonton juga Video: PM Israel Benjamin Mengaku Tak Bersalah, Gelombang Demo Tak Surut

[Gambas:Video 20detik]