Meksiko Setujui Vaksin CanSino dan CoronaVac Buatan China

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 14:04 WIB
BPOM Setujui Penggunaan Darurat CoronaVac, Seberapa Cepat Herd Immunity Bisa Tercapai?
Ilustrasi (Foto: ABC Australia)
Meksiko - Regulator Meksiko memberikan persetujuan penggunaan darurat bagi dua vaksin Corona atau COVID-19 buatan China, CanSino Biologics dan CoronaVac.

Seperti dilansir AFP, Kamis (11/2/2021), persetujuan itu diumumkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Meksiko Hugo Lopez-Gatell di saat Meksiko terus berjuang untuk menangani pandemi.

"Saya telah memberikan otorisasi untuk penggunaan darurat kedua vaksin tersebut," kata Lopez-Gatell, yang menjabat sebagai juru bicara koordinasi pandemi pemerintah, dalam konferensi pers.

Selain CanSino dan Sinovac CoronaVac, Meksiko telah mengesahkan tiga vaksin COVID-19 lainnya: vaksin dari Pfizer, AstraZeneca, dan Sputnik V buatan Rusia.

Otoritas Meksiko menyetujui penggunaan darurat vaksin Sputnik V Rusia pada awal Februari lalu. Langkah tersebut merupakan dorongan bagi upaya negara Amerika Latin itu untuk menjaga program vaksinasi tetap berjalan ketika terbatasnya pasokan dari produsen vaksin lain.

"Badan pengawas obat Cofepris baru saja memberikan izin untuk penggunaan darurat vaksin Sputnik V," kata Lopez-Gatell pada konferensi pers saat itu.

Pada akhir Desember 2020, Meksiko menjadi negara Amerika Latin pertama yang menyetujui vaksin virus Corona, diikuti oleh Chile dan Kosta Rika.

Sejauh ini, hanya suntikan vaksin Pfizer/BioNTech buatan Amerika-Jerman yang telah diberikan untuk publik, di mana petugas kesehatan di seluruh Meksiko dan guru di bagian selatan negara itu telah menerima vaksin.

Sementara itu, pengiriman pertama bahan aktif dalam vaksin AstraZeneca buatan Inggris-Swedia tiba di Meksiko pada Januari, dan diharapkan siap untuk penggunaan lokal dan pengiriman ke seluruh negara Amerika Latin itu pada Maret mendatang.

Meksiko secara resmi telah mencatat sekitar 170.000 kematian akibat COVID-19 - jumlah korban tertinggi ketiga di dunia - dan hampir dua juta kasus infeksi Corona.

Lihat juga Video: Baru Sembuh dari Covid-19, Presiden Meksiko Ogah-ogahan Pakai Masker

[Gambas:Video 20detik]



(izt/ita)