Meksiko Akan Dapat 24 Juta Dosis Vaksin Sputnik V Rusia

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 01:08 WIB
Mexican President Andres Manuel Lopez Obrador gestures as he speaks during a press conference at the Palacio Nacional in Mexico City on July 10, 2019. - Arturo Herrera replaced Carlos Urzua as Mexican Secretary of Finance, after he resigned on July 9, 2019 citing discrepancies with Lopez Obradors government. (Photo by ALFREDO ESTRELLA / AFP)
Foto: Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez (ALFREDO ESTRELLA/AFP)
Mexico City -

Meksiko setuju untuk memperoleh 24 juta dosis vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Sputnik V Rusia. Hal itu dikonfirmasi Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador setelah berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Seperti dilansir AFP, Selasa (26/1/2021), Lopez Obrador yang mengumumkan pada Minggu (24/1) bahwa ia mengidap COVID-19, mengatakan di Twitter bahwa ia berterima kasih kepada Putin atas keputusan untuk mengirimkan 24 juta dosis vaksin Sputnik V.

Pengembangnya mengatakan Sputnik V lebih dari 90 persen efektif, dan Rusia telah meluncurkan kampanye vaksinasi menggunakan suntikan itu.

Wakil Menteri Kesehatan Meksiko, Hugo Lopez-Gatell, melakukan perjalanan ke Argentina, salah satu dari sejumlah negara lain yang sudah menggunakan vaksin, awal bulan ini untuk mempelajari pengalamannya.

Meksiko secara resmi telah mendaftarkan lebih dari 1,7 juta kasus virus Corona dan hampir 150.000 kematian-jumlah kematian tertinggi keempat di dunia setelah Amerika Serikat, Brasil, dan India.

Negara itu memulai imunisasi massal pada 24 Desember menggunakan vaksin yang dikembangkan oleh raksasa obat AS Pfizer dan mitranya dari Jerman, BioNTech, tetapi dibatasi oleh pasokan yang terbatas.

Mereka juga telah mengesahkan suntikan yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford, dan telah mencapai kesepakatan untuk memproduksi vaksin tersebut bekerja sama dengan Argentina.

Pengiriman pertama bahan aktif tiba dari Argentina minggu lalu dan vaksin diharapkan tersedia untuk digunakan di Meksiko pada bulan Maret.

(rfs/rfs)