Senat AS Tunda Sidang Pemakzulan Trump, Ini Alasannya

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 18:06 WIB
Donald Trump dalam pesan video terbaru yang direkam di Ruang Oval Gedung Putih (The White House via CNN)
Mantan Presiden AS Donald Trump (Foto: The White House via CNN)
Washington -

Senat Amerika Serikat akan menunda sidang pemakzulan mantan Presiden Donald Trump dari Jumat (12/2) malam menjadi Sabtu (13/2) malam mendatang. Penundaan sehari ini dilakukan untuk menghormati permintaan pengacara Trump yang menjalankan Sabat Yahudi.

"Kami menghormati permintaan mereka dan tentu saja akan mengakomodasi itu," kata juru bicara Schumer Justin Goodman dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters, Senin (8/2/2021).

Pengacara Trump, David Schoen mengirim surat kepada Schumer dan para senator lainnya pada hari Selasa (2/2) meminta proses pemakzulan ditunda selama hari Sabat, yang berlangsung dari matahari terbenam pada hari Jumat hingga matahari terbenam pada hari Sabtu.

Penundaan satu hari tersebut menimbulkan pertanyaan tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan persidangan.

Trump menjadi presiden pertama dalam sejarah AS yang dimakzulkan dua kali, di mana pada 13 Januari lalu, Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui tuduhan bahwa dia menghasut pemberontakan di Capitol seminggu sebelumnya.

Pengacara Trump dan sebagian besar senator Republik telah menantang konstitusionalitas persidangan. Mereka mengatakan Senat tidak memiliki wewenang untuk menyidangkan kasus tersebut karena Trump telah meninggalkan jabatannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2