Round Up

Dua Pengacara Anyar Disiapkan Trump Demi Lolos dari Pemakzulan

Tim Detikcom - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 21:01 WIB
House of Representatives (HOR) atau DPR AS mulai mempertimbangkan pemakzulan kedua Donald Trump. Ia secara resmi dituduh menghasut pemberontakan dan penyerbuan para pendukungnya di gedung parlemen, Capitol Hill, Rabu (6/1/2021) lalu.
Mantan Presiden AS Donald Trump (Foto: AP Photo)
Washington -

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyiapkan dua pengacara anyar untuk meloloskan dirinya dari sidang pemakzulan senat nanti. Penunjukan itu dilakukan setelah dua pengacara lamanya mundur.

Dua pengacara baru itu adalah David Schoen dan Bruce Castor. Keduanya akan hadir dalam sidang pemakzulan pada 9 Februari mendatang.

Schoen bahkan sudah mulai bekerja untuk mempersiapkan persidangan nanti.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (1/2) senat AS akan mempertimbangkan pasal pemakzulan yang disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada 13 Januari lalu terkait tuduhan Trump menghasut para pengikutnya untuk menyerang gedung Capitol AS pada 6 Januari. Kejadian itu menyebabkan lima orang tewas.

Trump akan mengajukan tanggapan atas dakwaan pemakzulan pada hari Selasa mendatang (2/2).

Empat puluh lima anggota Senat Partai Republik mendukung upaya untuk menghentikan persidangan pemakzulan Trump, namun gagal.

Schoen merupakan mantan penasihat Trump, Roger Stone, yang dihukum pada November 2019 karena berbohong di bawah sumpah kepada anggota parlemen yang menyelidiki campur tangan Rusia dalam pemilu 2016. Trump memberikan pengampunan pada Stone pada Desember 2020, beberapa minggu sebelum mengakhiri jabatan kepresidenannya pada 20 Januari.

Castor adalah mantan jaksa wilayah Pennsylvania yang dikenal karena keputusannya untuk tidak menuntut aktor Bill Cosby pada tahun 2005 setelah seorang wanita menuduh Cosby melakukan pelecehan seksual. Pada 2017, Castor menggugat penuduh Cosby dalam kasus pencemaran nama baik, mengklaim dia menghancurkan karier politiknya sebagai pembalasan.

Selanjutnya
Halaman
1 2