Aktivis Lebanon Pengkritik Hizbullah Tewas Ditembak di Mobilnya

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 17:12 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Beirut -

Seorang aktivis terkemuka Lebanon, yang dikenal karena kritik-kritiknya terhadap gerakan Hizbullah, ditemukan tewas di dalam mobilnya di wilayah selatan Lebanon pada Kamis (4/2) ini.

Seperti dilansir AFP, Kamis (4/2/2021), pria bernama Lokman Slim itu sempat dikabarkan hilang oleh keluarganya sejak masuk ke dalam mobilnya untuk kembali ke Beirut pada Rabu (3/2) malam waktu setempat.

"Dia ditemukan tewas di dalam mobilnya, dengan peluru di kepala," kata petugas keamanan yang tak menyebutkan namanya. Media Lebanon juga melaporkan kematiannya.

Sebagai seorang jurnalis, analis politik dan aktivis yang dikenal sebagai salah satu pengkritik Hizbullah, Slim sering mendapat serangan di media soal pendapatnya.

Pihak keamanan belum memberikan keterangan lebih rinci seputar kematiannya. Menurut saudara perempuan Slim, Rasha al-Ameer, ia meyakini kematian Slim akibat pendapat yang disuarakannya.

"Dia punya pendirian politik, karena alasan apa lagi dia diculik," kata Rasha al-Ameer kepada AFP.

Slim sering dikritik oleh para pendukung Hizbullah karena dianggap dimanfaatkan oleh Amerika Serikat.

Aktivis intelektual sekuler dan pro-demokrasi itu juga membuat beberapa film dokumenter bersama istrinya, Monika Borgmann, yang sempat mengabarkan di media sosial soal hilangnya sang suami.

(izt/ita)