4 Tentara Tunisia Tewas Kena Ranjau Darat dalam Operasi Kontra Teroris

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 01:51 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
Foto: Ilustrasi (Zaki Alfarabi/detikcom)
Tunis -

Ledakan ranjau darat menewaskan 4 tentara Tunisia. Keempat tentara Tunisia itu tewas dalam operasi kontra teroris di pegunungan tengah Tunisia.

"Empat tentara yang merupakan bagian dari unit militer yang bertugas melakukan operasi penyisiran di Gunung Mghila mencari unsur-unsur teroris tewas oleh ranjau," kata juru bicara kementerian Mohamed Zekri, seperti dilansir AFP, Kamis (4/1/2021).

Operasi di wilayah Gunung Mghila dekat perbatasan dengan Aljazair berbatasan dengan Gunung Chaambi, yang dianggap sebagai tempat persembunyian para teroris. Penyisiran itu adalah bagian dari operasi antiteroris reguler yang dilakukan oleh pasukan militer di wilayah itu.

Zekri mengatakan operasi sedang berlangsung tetapi dia menolak memberikan rincian lebih lanjut. Tunisia telah menyaksikan lonjakan radikalisme sejak presiden veteran Zine El Abidine Ben Ali digulingkan dalam revolusi 2011 lalu.

Puluhan anggota pasukan keamanan telah terbunuh sejak saat itu dalam serangan teroris. Situasi keamanan telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi pasukan Tunisia terus menjadi sasaran.

Perdana Menteri Tunisia Hichem Mechichi mengatakan insiden ledakan ranjau tidak akan menghentikan negaranya untuk mengejar, memerangi, mengalahkan terorisme.

"Kompas kami harus selalu diarahkan untuk melindungi bangsa dari semua bahaya...jauh dari semua ketegangan dan pertengkaran," katanya dalam sebuah pernyataan.

(rfs/rfs)