Ratusan Orang di Vietnam Terinfeksi Varian Baru Corona dari Inggris

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 15:57 WIB
Hingga kini, Vietnam tidak memiliki satu pun kasus kematian akibat virus Corona. Vietnam pun menjadi sorotan di dunia karena dinilai berhasil tangani Corona.
Ilustrasi (dok. Getty Images/Linh Pham)
Hanoi -

Otoritas Vietnam melaporkan wabah baru virus Corona (COVID-19) yang menulari ratusan orang di wilayahnya. Disebutkan otoritas Vietnam bahwa wabah itu disebabkan oleh varian Corona asal Inggris yang jauh lebih menular.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (2/2/2021), Kementerian Kesehatan Vietnam melaporkan bahwa wabah baru itu telah menulari sedikitnya 276 orang, dan menyebar ke sebanyak 10 provinsi dan kota di negara itu.

Enam hari sejak wabah baru muncul di Provinsi Hai Duang, Menteri Kesehatan Vietnam, Nguyen Thanh Long, menuturkan bahwa klaster itu berhasil dikendalikan.

Namun untuk penyebaran di ibu kota Hanoi -- di mana 20 kasus baru terdeteksi, Long menyatakan dibutuhkan waktu lebih lama.

"Pengurutan gen menunjukkan bahwa 12 dari 276 pasien yang baru terdeteksi, dinyatakan positif dengan varian Inggris, meskipun sumber wabah ini belum diketahui," tutur Long dalam rapat kabinet. "Kita harus dengan cermat mematuhi aturan pemakaian masker," imbuhnya.

Berkat tes massal dan karantina ketat, Vietnam berhasil menjaga total kasus Corona di wilayahnya tetap rendah yang menuai pujian dunia. Sejauh ini, Vietnam melaporkan 1.851 kasus Corona, dengan 35 kematian.

"Hanoi harus meningkatkan langkah-langkah untuk mengatasi virus ini. Kementerian Kesehatan akan mendukung kota itu dalam meningkatkan kapasitas tes (Corona) menjadi 40 ribu tes per hari," cetus Long dalam pernyataannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2