Round Up

Singapura Waspada Usai Penangkapan ABG yang Akan Serang 2 Masjid

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 23:59 WIB
Bagi warga lokal, Masjid Sultan rasanya tak asing lagi. Kubahnya yang berwarna emas seperti menjadi ikon yang menghasi area Kampong Glam, salah satu daerah peranakan di Singapura.
Ilustrasi Masjid (Foto: Have Halal Will Travel)

Libatkan Seluruh Komunitas Agama

Untuk menangkal berbagai serangan radikalisme yang mengancam keamanan negaranya, Shamugam menyatakan bahwa pemerintah telah melibatkan seluruh komunitas keagamaan secara rutin.

"Kita terus berhubungan, kita berbicara dengan mereka soal semuanya yang terjadi di dunia, dan betapa Singapura itu berharga dan bagaimana kerukunan dan keselarasan beragama dan ras di sini harus dipertahankan," ungkapnya.

Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) dalam pernyataan terpisah berupaya mengingatkan masyarakat bahwa kasus itu merupakan insiden terisolasi. "Kita beruntung badan keamanan kita mampu mendeteksinya lebih awal," sebut MUIS dalam pernyataannya.

"Institusi keagamaan kami juga mempersiapkan skenario semacam itu di bawah SG Secure Framework dan program Kesiapan Krisis untuk Organisasi Keagamaan (CPRO)," imbuh pernyataan itu.

Namun demikian, MUIS mengakui pihaknya merasa 'prihatin dan sedih' mengetahui kasus itu.

"Ini adalah pengingat suram akan selalu adanya ancaman radikalisasi online, dan bersama dengan media sosial menyebar di seluruh kehidupan kita, itu membawa bahaya ideologi ekstremis ke rumah kita," sebut MUIS. "Kita semua secara khusus sangat khawatir pada generasi muda kita," imbuhnya.


(izt/ita)