Prancis Setop Penerbangan Ethiopian Airlines Selama 4 Hari

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 04:26 WIB
Ethiopian Airlines Boeing 787-8
Ethiopian Airlines (Foto: Getty Images/Boarding1Now)
Jakarta -

Pemerintah Prancis menangguhkan maskapai Ethiopian Airlines selama empat hari. Hal ini dikarenakan adanya kegagalan penerbangan tersebut yang tidak memastikan penumpangnya negatif Corona, kata kementerian transportasi mengumumkan Rabu.

"Beberapa kekurangan dicatat pada kedatangan penerbangan perusahaan Ethiopian Airlines di Prancis," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, dikutip AFP, Kamis (28/1/2021).

"Terserah perusahaan untuk memeriksa apakah setiap penumpang di dalam pesawat memiliki dokumen yang menunjukkan tes PCR (Covid-19) negatif," tambahnya.

Prancis sebelumnya telah memperingatkan maskapai penerbangan berbendera Ethiopia itu pada Selasa. Tetapi, kesalahan itu terjadi lagi pada Rabu.

"Memutuskan untuk menangguhkan penerbangan oleh perusahaan itu dari Kamis 28 Januari hingga Minggu 31 Januari," kata pernyataan itu.

Juru bicara pemerintah Prancis Gabriel Attal Rabu pagi mengatakan Paris ingin mempertimbangkan "penguatan aturan perbatasan" di seluruh Eropa dan "sanksi terhadap maskapai penerbangan" di luar Uni Eropa yang tidak memastikan pemeriksaan virus yang diperlukan pada penumpang.

Sanksi semacam itu dapat mengarah pada "larangan sementara atau definitif" untuk mendarat atau lepas landas di bandara Prancis, tambahnya.

(eva/eva)