Robot Sophia Siap Diproduksi Massal di Tengah Pandemi Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 11:16 WIB
Sophia on stage at the RISE Technology conference in Hong Kong. Credit: ISAAC LAWRENCE/AFP/AFP/Getty Images
Robot Sophia (ISAAC LAWRENCE/AFP/Getty Images via CNN)

Lebih lanjut, Hanson menargetkan untuk menjual 'ribuan' robot canggih itu pada tahun 2021, baik besar maupun kecil, tanpa menyebut jumlah spesifiknya.

Profesor robot sosial, Johan Hoorn, yang penelitiannya mencakup penelitian dengan robot Sophia, menuturkan bahwa meski teknologinya masih relatif baru, pandemi bisa mempercepat hubungan antara manusia dan robot.

"Saya bisa menyimpulkan pandemi sebenarnya akan membantu kita mendapatkan robot lebih awal di pasaran karena orang-orang mulai menyadari tidak ada cara lainnya," cetus Hoorn dari Universitas Politeknik Hong Kong.

Tahun ini, Hanson Robotics meluncurkan sebuah robot baru bernama Grace yang dikembangkan untuk sektor layanan kesehatan. Produk-produk dari para pemain besar lainnya dalam industri robot juga membantu memerangi pandemi Corona.

Robot Pepper dari Softbank Robotics dikembangkan untuk mendeteksi orang-orang yang tidak memakai masker. Di China, perusahaan robot CloudMinds membantu mendirikan sebuah rumah sakit darurat yang dikelola oleh robot selama pandemi Corona di Wuhan.

Halaman

(nvc/ita)