Fitnah Wartawan, Anak Presiden Brasil Diperintahkan Bayar Ganti Rugi

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 16:37 WIB
Brazilian president Jair Bolsonaros son Eduardo Bolsonaro attacked the honor of journalist Patricia Campos Mello, questioning the seriousness of her journalism and of her employer, the highly respected daily Folha de S.Paulo, a court said EVARISTO SA AFP/File
Eduardo Bolsonaro (EVARISTO SA/AFP/File)
Brasilia -

Pengadilan Brasil memerintahkan seorang anggota parlemen negara itu, yang juga anak Presiden Jair Bolsonaro, untuk membayar ganti rugi kepada seorang wartawan yang difitnahnya. Eduardo Bolsonaro digugat usai menuduh seorang wartawan 'berupaya menggoda' narasumber demi mendapatkan informasi rahasia.

Seperti dilansir AFP, Jumat (22/1/2021), putusan pengadilan Brasil pada Kamis (21/1) waktu setempat menyatakan Eduardo telah 'menyerang kehormatan' seorang wartawan perempuan bernama Patricia Campos Mello dengan 'mempertanyakan keseriusan jurnalismenya dan atasannya'.

Mello diketahui bekerja untuk surat kabar Folha de S.Paulo yang sangat dihormati di Brasil.

Pengadilan Brasil memerintahkan Eduardo yang berusia 36 tahun itu untuk membayar 30 ribu Reals (Rp 78,2 juta) sebagai kompensasi atas dampak moral dari tuduhannya yang tak berdasar.

Pada Mei lalu, Eduardo melontarkan tuduhan via YouTube bahwa Mello berupaya menggoda seorang pegawai perusahaan digital marketing demi mendapatkan informasi rahasia. Dia juga menuduh Mello, yang seorang jurnalis penerima penghargaan ini, telah dipromosikan karena mempublikasikan informasi keliru.

Eduardo menegaskan kembali tuduhan-tuduhannya via Twitter.

Secara khusus, Eduardo mengulas laporan penyelidikan yang dilakukan Mello terhadap sebuah organisasi yang memfitnah rival politik Bolsonaro saat kampanye pilpres tahun 2018.

Selanjutnya
Halaman
1 2