Mengaku Pengagum Besar AS, Presiden Brasil Selamati Joe Biden

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 16:26 WIB
Presiden Brasil Jair Bolsonaro kerap meremehkan bahaya dari virus Corona (COVID-19). Namun, kini Bolsonaro dinyatakan positif setelah dites Corona usai mengalami gejala demam.
Jair Bolsonaro (dok. AP Photo/Eraldo Peres
Brasilia -

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mengucapkan selamat kepada Presiden baru Amerika Serikat (AS), Joe Biden, melalui sebuah surat. Dalam suratnya, Bolsonaro mengharapkan agar Brasil dan AS bisa mencapai kesepakatan perdagangan bebas.

Seperti dilansir Reuters dan Bloomberg, Kamis (21/1/2021), surat tiga halaman itu menjadi sambutan paling ramah dari Bolsonaro untuk Biden. Bolsonaro mengucapkan selamat kepada Biden dalam suratnya tersebut. Dia juga menyerukan agar Brasil dan AS memperdalam hubungan.

"Saya sudah lama menjadi pengagum besar Amerika Serikat," tulis Bolsonaro dalam suratnya, yang salinannya diposting pada akun Twitternya beberapa jam usai Biden resmi dilantik pada Rabu (20/1) waktu setempat.

Bolsonaro menambahkan bahwa pemerintahannya yang telah 'mengoreksi' sentimen publik terhadap AS di Brasil.

Diketahui bahwa Brasil saat ini tengah mengupayakan kesepakatan perdagangan bebas dengan AS. Brasil juga mengharap AS melanjutkan dukungan bagi negara itu untuk bergabung dengan Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

Pada September lalu, Bolsonaro mengecam Biden setelah dia mengkritik penggundulan hutan Amazon di Brasil, dengan menyebutnya 'bentuk penghinaan'.

Namun dalam suratnya pada Rabu (20/1) waktu setempat, Bolsonaro mengharapkan dirinya dan Biden bisa bekerja bersama dalam 'melindungi lingkungan'.

Selanjutnya
Halaman
1 2