Brasil Tunggu Kiriman 2 Juta Vaksin Corona Buatan AstraZeneca

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 11:46 WIB
Dalam Waktu Dekat WHO Akan Berikan Izin Penggunaan Sejumlah Vaksin Corona
Brasil Menanti Kehadiran Vaksin (Foto: DW News)
Brasilia -

Pemerintah Brasil mengumumkan bahwa dua juta dosis vaksin virus Corona (COVID-19) buatan AstraZeneca-Oxford akan segera tiba. Vaksin AstraZeneca-Oxford yang dipesan Brasil itu diproduksi dan dikirimkan dari India.

Seperti dilansir AFP, Jumat (22/1/2021), pasokan vaksin COVID-19 yang akan tiba pada Jumat (22/1) waktu setempat ini akan menjadi dorongan yang sangat dibutuhkan untuk program vaksinasi Brasil.

"Dua juta dosis AstraZeneca akan tiba di Brasil, Jumat (22/1) sore," kata Kementerian Kesehatan Brasil dalam pernyataannya.

Sebenarnya pasokan awal vaksin Corona diperkirakan akan tiba di Brasil minggu lalu. Presiden Jair Bolsonaro menyalahkan penundaan pengiriman vaksinasi sebagai "tekanan politik" dari Perdana Menteri India, Narendra Modi, di mana India memprioritaskan vaksinasi di negaranya sendiri terlebih dahulu.

Diketahui Brasil merupakan negara terparah kedua di dunia yang terdampak virus Corona, dengan lebih dari 214.000 kematian tercatat di negara ini.

Pemerintah Brasil mengandalkan vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Inggris-Swedia, AstraZeneca, yang bekerja sama dengan Universitas Oxford dan Yayasan Fiocruz dari Kementerian Kesehatan Brasil untuk meluncurkan program inokulasinya.

Brazil sejauh ini menggunakan enam juta dosis CoronaVac, yang dikembangkan oleh laboratorium China Sinovac dengan Institut Butantan Brasil di Sao Paulo.

Vaksinasi dengan CoronaVac dipromosikan oleh gubernur negara bagian Sao Paulo, Joao Doria, yang dipandang sebagai saingan potensial dari Bolsonaro untuk pemilihan presiden 2022.

(izt/nvc)