Rusia Usir Dua Diplomat Belanda

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 04:25 WIB
Ilustrasi bendera Rusia
Foto: Dok. Anadolu Agency
Moscow -

Pemerintah Rusia mengusir dua diplomat Belanda. Keputusan itu dilakukan atas jawaban Belanda yang juga mengusir dua diplomat Rusia dengan tuduhan sebagai mata-mata.

Dilansir dari AFP, Jumat (22/1/2021), Pemerintah Rusia telah memanggil kuasa hukum Belanda, Joost Reintjes. Dalam pertemuan itu, dua diplomat Belanda yang diusir itu memiliki waktu dua pekan untuk meninggalkan Rusia.

"Pihak Rusia, dipandu oleh prinsip timbal balik, memutuskan untuk mengusir dari Rusia dua pegawai diplomatik kedutaan besar Belanda di Moskow," ujar Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan

Diketahui, pada Desember 2020 Belanda juga mengusir dua diplomat Rusia. Mereka diusir karena dituduh sebagai mata-mata.

Kementerian Luar Negeri Rusia pun membantah tuduhan tersebut. Menurut mereka, tuduhan Belanda terhadap dua diplomatnya sebagai tindakan yang tidak berdasar dan fitnah.

Hubungan antara Belanda dan Rusia mulai panas sejak penerbangan Malaysia Airlines MH17 dari Amsterdam ke Kuala Lumpur ditembak jatuh pada Juli 2014 di bagian timur Ukraina Belanda mengatakan Moskow bertanggung jawab atas peristiwa itu, di mana 298 orang tewas, 196 di antaranya orang Belanda.

(man/man)