3 Senator Dilantik, Demokrat dan Republik Kini Imbang di Senat AS

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 15:13 WIB
In this image from video, Senators vote on approving the rules for the impeachment trial against President Donald Trump in the Senate at the U.S. Capitol in Washington, Wednesday, Jan. 22, 2020. Senate resolution 483 passed along a party-line vote of 53-47. (Senate Television via AP)
Ilustrasi -- Ruang sidang Senat AS (dok. Senate Television via AP)
Washington DC -

Tiga Senator baru Amerika Serikat (AS), yang semuanya dari Partai Demokrat, dilantik setelah pelantikan Presiden baru AS, Joe Biden. Pelantikan ketiga Senator baru ini membuat Partai Demokrat berhasil merebut dominasi atas Senat AS.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Kamis (21/1/2021), ketiga Senator baru AS itu dilantik oleh Wakil Presiden AS, Kamala Harris, di ruang sidang Senat di Gedung Capitol AS pada Rabu (20/1) waktu setempat. Harris mendapat sambutan tepuk tangan meriah saat memasuki ruang sidang Senat.

Harris melantik tiga Senator baru AS itu sebagai Presiden Senat AS.

Ketiga Senator yang dilantik adalah dua Senator Georgia Jon Ossoff dan Raphael Warnock, dan Senator California, Alex Padila, yang menggantikan Harris. Diketahui bahwa Harris menjabat Senator California sebelum dia mengundurkan diri dan dilantik menjadi Wapres AS.

Dengan bergabungnya ketiga Senator baru itu, maka kekuatan di Senat AS yang sebelumnya dikuasai Partai Republik, kini seimbang karena ada 50 Senator Demokrat dan 50 Senator Republik. Harris sebagai Presiden Senat memiliki wewenang untuk memberikan suara penentu saat terjadi kebuntuan dalam voting menentukan di Senat AS.

Posisi baru itu menjadikan Senator Demokrat, Chuck Schumer, sebagai Ketua Mayoritas Senat. Sedangkan Senator Republikan, Mitch McConnell, turun jabatannya menjadi Ketua Minoritas Senat.

"Hari ini, Amerika sedang membalik lembaran baru. Kita memasuki babak baru dari empat tahun terakhir, kita akan menyatukan kembali negara, mengalahkan COVID-19, memberikan bantuan ekonomi kepada rakyat. Untuk itulah mereka mengirimkan kita ke sini," ucap Senator Ossoff kepada wartawan setempat.

Selanjutnya
Halaman
1 2