Avril Haines, Perempuan 51 Tahun Sah Jadi Direktur Intelijen AS

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 09:42 WIB
memperkenalkan enam anggota pertama kabinetnya di Wilmington, Delaware. (AP Photo/Carolyn Kaster)
Avril Haines ditetapkan oleh Senat AS menjadi Direktur Intelijen Nasional (AP Photo/Carolyn Kaster)
Washington DC -

Senat Amerika Serikat (AS) meloloskan penunjukan Avril Haines sebagai Direktur Intelijen Nasional di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden. Haines menjadi anggota pertama kabinet Biden yang lolos penetapan Senat AS.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (21/1/2021), voting yang digelar Senat AS pada Rabu (20/1) waktu setempat menunjukkan 84 Senator menyetujui penunjukan Haines dan 10 Senator lainnya menolak. Mereka yang menolak seluruh merupakan Senator Partai Republik.

Namun diketahui bahwa baik pimpinan Partai Demokrat dan Partai Republik dalam Senat AS memuji penunjukan Haines.

Para Senator Republikan yang menolak Haines merupakan Senator yang diketahui memiliki ambisi kepemimpinan partai, seperti Senator Ted Cruz dari Texas dan Senator Josh Hawley dari Missouri.

Senator Marco Rubio dari Partai Republik menyatakan bahwa: "Musuh kita tidak akan berdiam dan menunggu pemerintahan baru untuk menduduki posisi penting, dan saya senang rekan-rekan saya di Senat bergabung dengan saya segera dalam mengonfirmasi Direktur Haines untuk jabatan penting ini."

Senator Virginia, Mark Warner, dari Partai Demokrat yang akan menjabat Komisi Intelijen Senat AS juga memuji Haines.

"Setelah secara sengaja dirongrong selama empat tahun, Komunitas Intelijen berhak mendapatkan pemimpin yang kuat, yang disetujui Senat, untuk memimpin dan menyegarkannya kembali," cetusnya.

Simak video 'Perpecahan Politik Usai Pilpres, Joe Biden: Kita Harus Akhiri Ini':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2