Kata Donald Trump Soal Amandemen ke-25 untuk Copot Dirinya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 15:58 WIB
House of Representatives (HOR) atau DPR AS mulai mempertimbangkan pemakzulan kedua Donald Trump. Ia secara resmi dituduh menghasut pemberontakan dan penyerbuan para pendukungnya di gedung parlemen, Capitol Hill, Rabu (6/1/2021) lalu.
Foto: Donald Trump (AP Photo
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa dirinya tidak khawatir dengan Amandemen ke-25 yang memungkinkan kabinetnya mencopotnya dari jabatan. Bahkan dia tak khawatir ketika Dewan Perwakilan Rakyat AS yang dipimpin Partai Demokrat mengupayakan resolusi untuk mendesak Wakil Presiden Mike Pence menerapkan Amandemen ke-25 tersebut.

"Amandemen ke-25 tidak berisiko bagi saya," kata Trump seperti dilansir Reuters, Rabu (13/1/2021).

Hal itu disampaikan saat dia berbicara di depan bagian tembok perbatasan Meksiko di Texas, simbol kebijakan imigrasi ketat yang dia lakukan selama empat tahun jabatannya.

Sejak penyerbuan massa pendukung Trump ke gedung Capitol AS pada 6 Januari lalu, para anggota parlemen dari Partai Demokrat telah berlomba-lomba untuk menemukan cara untuk mencopot Trump sebelum pelantikan presiden terpilih Joe Biden pada 20 Januari mendatang.

Bersamaan dengan mendorong resolusi soal penggunaan Amandemen ke-25, anggota DPR juga sedang mengupayakan impeachment (pemakzulan).

Trump mengatakan penggunaan Amandemen ke-25 dengan cara ini "akan kembali menghantui Joe Biden dan pemerintahan Biden. Seperti ada disebut, "berhati-hatilah dengan apa yang Anda inginkan".

"Tipuan pemakzulan adalah kelanjutan dari perburuan penyihir terbesar dan paling ganas dalam sejarah negara kita dan menyebabkan kemarahan, perpecahan, dan rasa sakit yang luar biasa, jauh lebih besar dari yang pernah dipahami kebanyakan orang, yang sangat berbahaya bagi AS, terutama di saat ini," tandas Trump.

(rdp/ita)