International Updates

Pesawat Antariksa China Pulang Bawa Batu dari Bulan, Macron Positif Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 18:17 WIB
Pesawat robotik China Change 5 meluncur untuk mengambil bebatuan di bulan. Bebatuan tersebut akan dibawa kembali ke Bumi untuk diteliti.
Momen peluncuran pesawat antariksa China (Foto: AP Photo/Mark Schiefelbein)
Jakarta -

Sebuah pesawat luar angkasa China tak berawak yang membawa batu dan tanah dari Bulan kembali dengan selamat ke Bumi pada Kamis (17/12/2020) pagi waktu setempat. Ini merupakan misi pertama dalam empat dekade untuk mengumpulkan sampel permukaan Bulan.

Dilansir dari AFP dan kantor berita Xinhua, Kamis (17/12) modul kembali dari pesawat antariksa yang dikenal sebagai Chang'e-5 mendarat di wilayah Mongolia Dalam, China utara. Hal ini disampaikan oleh Badan Luar Angkasa Nasional China.

China ingin mengejar ketertinggalan dengan Amerika Serikat dan Rusia setelah menghabiskan beberapa dekade untuk menyamai pencapaian para pesaingnya. China telah menggelontorkan miliaran dolar ke dalam program luar angkasa yang dijalankan militer.

Pesawat luar angkasa itu yang dinamai menurut mitos dewi Bulan China, mendarat di Bulan pada 1 Desember dan memulai penerbangan kembali dua hari kemudian. Saat di Bulan, wahana itu mengibarkan bendera China, kata badan antariksa China.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (17/12/2020):

- 'Kapal Hantu' Bawa 649 Kg Kokain Terdampar di Pulau Terpencil Pasifik

Sebuah kapal tanpa penumpang atau yang dijuluki 'kapal hantu' ditemukan terdampar di sebuah pulau terpencil di kawasan Pasifik pekan lalu. Kapal hantu itu dilaporkan membawa muatan 649 kilogram kokain di dalamnya, namun tanpa ada satupun awak atau penumpang.

Seperti dilansir CNN, Kamis (17/12/2020), kapal sepanjang 5,4 meter yang terbuat dari fiberglass itu ditemukan terdampar di pantai Ailuk Atoll di kawasan Marshall Islands -- gugusan atol karang dan kepulauan gunung api antara Filipina dan Hawaii.

Muatan kokain sebesar 1.430 pon atau 649 kilogram ditemukan di dalam kapal itu. Kepolisian Marshalls Islands menyebut kokain itu disegel dan dikemas dalam bentuk balok.

Paket kokain itu dikumpulkan polisi dan sebagian besar telah dihancurkan dengan cara dibakar di dalam tungku pembakaran. Foto yang dirilis polisi menunjukkan plastik yang membungkus kokain itu mulai menguning dan tampak cap logo merah bertuliskan 'KW'.

- Rekor, AS Catat 3.700 Kematian dan 250 Ribu Kasus Corona Sehari

Amerika Serikat (AS) kembali mencetak rekor tertinggi untuk jumlah tambahan kematian dan kasus baru virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Lebih dari 3.700 kematian akibat Corona dan lebih dari 250 ribu kasus Corona tercatat di AS dalam 24 jam terakhir.

Seperti dilansir AFP, Kamis (17/12/2020), data penghitungan terbaru Johns Hopkins University (JHU) yang menjadi acuan global melaporkan 3.784 kematian akibat Corona dalam 24 jam terakhir di AS.

Tambahan kematian harian itu menandai ketiga kalinya dalam sepekan terakhir saat AS melaporkan lebih dari 3 ribu kematian akibat Corona per harinya. Rekor tambahan kematian tertinggi sebelumnya tercatat pada akhir April lalu.

Data JHU juga melaporkan lebih dari 250 ribu kasus Corona dalam 24 jam terakhir di AS.

- Bawa Batu dari Bulan, Pesawat Antariksa China Tiba di Bumi

Sebuah pesawat luar angkasa China tak berawak yang membawa batu dan tanah dari Bulan kembali dengan selamat ke Bumi pada Kamis (17/12/2020) pagi waktu setempat. Ini merupakan misi pertama dalam empat dekade untuk mengumpulkan sampel permukaan Bulan.