Round-Up

Titah Putin Agar Pekan Depan Vaksinasi Dimulai Besar-besaran

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 06:09 WIB
Parlemen Rusia akan berikan kekebalan hukum bagi Putin di tengah tudingan berniat jadi presiden seumur hidup
Foto: Presiden Rusia, Vladimir Putin (BBC World)
Moskow -

Presiden Rusia, Vladimir Putin telah menitahkan agar program pemberian vaksin Corona dilakukan mulai pekan depan. Semua warga negeri beruang merah itu akan divaksinasi secara sukarela.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (3/12/2020), para guru dan dokter akan menjadi yang pertama dalam antrean program vaksinasi dengan vaksin Sputnik V buatan Rusia. Jumlah pasti guru dan dokter yang diprioritaskan dalam program ini tidak diketahui secara jelas.

Perintah dimulainya program vaksinasi berskala besar itu disampaikan Putin dalam pertemuan online dengan jajaran menteri Rusia pada Rabu (2/12) waktu setempat. Di hadapan jajaran menterinya, Putin menyatakan Rusia akan memproduksi 2 juta dosis vaksin Sputnik V dalam beberapa hari ke depan.

Sputnik V merupakan salah satu dari dua vaksin Corona buatan Rusia yang telah menerima persetujuan regulasi domestik meskipun uji klinisnya belum selesai dilakukan. Dibutuhkan dua dosis atau suntikan vaksin Sputnik V agar bisa ampuh mencegah virus Corona.

Bulan lalu, otoritas Rusia mengklaim bahwa hasil uji klinis sementara menunjukkan vaksin Sputnik V 92 persen efektif dalam melindungi orang-orang dari virus Corona.

"Mari kita sepakati ini -- Anda tidak akan melapor kepada saya pekan depan, tapi Anda akan memulai vaksinasi sekala besar... Ayo mulai bekerja," cetus Putin kepada Wakil Perdana Menteri Rusia, Tatiana Golikova, dalam pertemuan tersebut.

"Saya memahami bahwa Anda menggunakan bahasa yang sangat hati-hati dan sangat benar bahwa kita berhati-hati. Tapi saya tahu bahwa industrik dan jaringan (kesehatan) secara umum sudah siap. Mari kita ambil langkah pertama ini," tegasnya.

Lihat juga video 'Vaksin Covid-19 Kedua Rusia Diberi Nama EpiVakKorona':

[Gambas:Video 20detik]



Apa kata PBB tentang vaksin Sputnik V? Silakan klik halaman selanjutnya.