Audit Pilpres di Georgia Kukuhkan Kemenangan Biden Atas Trump

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 09:40 WIB
President-elect Joe Biden joins Vice President-elect Kamala Harris on stage Saturday, Nov. 7, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)
Joe Biden (Foto: AP/Andrew Harnik)
Georgia -

Otoritas negara bagian Georgia di Amerika Serikat (AS) telah menyelesaikan audit surat suara terkait pilpres AS 2020 di wilayahnya. Hasilnya mengukuhkan kemenangan Joe Biden atas Presiden Donald Trump di negara bagian ini.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Jumat (20/11/2020), audit dilakukan di negara bagian Georgia setelah hasil tidak resmi menunjukkan Biden unggul atas Trump dengan selisih 14 ribu suara.

Sekretaris Negara Bagian Georgia, Brad Raffensperger, mengumumkan pada Kamis (19/11) malam waktu setempat bahwa proses audit surat suara yang dilakukan secara manual atau dengan tangan telah selesai dilakukan.

Hasil audit di Georgia menunjukkan Biden mengalahkan Trump dengan selisih 12.284 suara -- lebih sedikit dari hasil tidak resmi. Perolehan suara akhir Biden mencapai 2.475.141 suara dan Trump mencapai 2.462.857 suara.

"Audit ini mengonfirmasi bahwa hasil penghitungan asli dengan mesin secara akurat menggambarkan pemenang pemilihan," tegas Raffensperger dalam pernyataannya.

"Audit ini juga mengonfirmasi bahwa hasil asli dari pemilihan, yaitu bahwa Joe Biden memenangkan pemilihan presiden di negara bagian Georgia," ucapnya.

Raffensperger yang seorang Republikan ini telah diserang Trump karena menolak merangkul teori konspirasi soal kecurangan pilpres. Dia menegaskan bahwa audit menunjukkan adanya sedikit 'kesalahan' namun menegaskan hasilnya bisa dipercaya.

Simak video 'Biden: Trump Presiden AS Paling Tak Bertanggung Jawab!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2