Pesawat Tempur Israel Serang Suriah Sebelum Kedatangan Menlu AS

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 03:06 WIB
Northrop Grumman B-2 Spirit, pesawat siluman
Ilustrasi pesawat tempur (Foto: CNN)
Tel Aviv -

Pesawat tempur Israel menyerang Suriah dan mengenai sasaran Iran. Akibatnya, sebanyak 10 orang perjuang Suriah dan asing tewas.

Dilansir AFP, Rabu (19/11/2020), tentara Israel menyebutnya sebagai serangan balasan setelah alat peledak ditemukan di dekat salah satu pangkalan di dataran tinggi Golan yang telah diduduki.

Serangan udara itu terjadi beberapa jam sebelum Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mendarat di Israel untuk melakukan pembicaraan, termasuk tentang Iran. Kedatangan Pompeo mungkin menjadi yang terakhir ke sekutu setia Amerika itu sebelum Presiden AS Donald Trump meninggalkan jabatannya.

Sebuah pernyataan militer Israel menyebutkan jet tempurnya telah mencapai "target militer milik Pasukan Quds Iran dan angkatan bersenjata Suriah". Pasukan Quds.

Sebuah pernyataan militer Israel mengatakan jet tempurnya semalam telah mencapai "target militer milik Pasukan Quds Iran dan angkatan bersenjata Suriah". Pasukan elite Quds adalah cabang operasi asing utama dari Pengawal Revolusi Iran.

"Sasarannya termasuk fasilitas penyimpanan, markas besar dan kompleks militer," kata pernyataan tersebut.

Serta "baterai rudal permukaan-ke-udara Suriah," lanjutnya.

Kantor berita Suriah, SANA, mengatakan seranagn itu menewaskan tiga tentara dan melukai sejumlah tentara lain. Kelompok pemantau Pengamatan Hak Asasi Manusia Suriah menyebut 10 orang tewas, termasuk pejuang asing serta tentara Suriah.

Pejuang asing itu termasuk lima pejuang yang "kemungkinan besar orang Iran dan termasuk dalam pasukan Quds" serta dua pejuang pro-Iran dengan kewarganegaraan yang tidak ditentukan, kata pemantau tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2