Biden ke Pemimpin Negara di Dunia: Amerika Is Back

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 05:14 WIB
President-elect Joe Biden joins Vice President-elect Kamala Harris on stage Saturday, Nov. 7, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)
Joe Biden (Foto: AP/Andrew Harnik)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden mengaku kalau dirinya sudah berkomunikasi ke beberapa pemimpin negara. Biden memastikan kepada para pemimpin negara itu kalau Amerika telah kembali.

"Saya memberi tahu mereka bahwa Amerika telah kembali. Kami akan kembali dalam permainan. Ini bukan hanya Amerika," kata Biden kepada wartawan, seperti dilansir AFP, Rabu (11/11/2020).

Pernyataan Biden itu menekankan akan adanya pendekatan baru terhadap kebijakan luar negeri di bawah pemerintahannya mendatang. Sejauh ini, Biden telah berbicara dengan beberapa pemimpin yakni Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Lebih lanjut, Biden juga merespons terkait sikap Donald Trump yang saat ini belum juga mengakui kekalahan. Biden menilai sikap Trump itu memalukan.

"Saya hanya berpikir itu memalukan, sejujurnya," kata Biden ketika ditanya pendapatnya tentang penolakan Trump untuk mengakui kekalahan, seperti dilansir AFP, Rabu (11/11/2020).

"Bagaimana saya bisa mengatakan ini dengan bijaksana. Saya pikir itu tidak akan membantu warisan presiden," lanjut Biden kepada wartawan di kampung halamannya di Wilmington, Delaware.

Trump kini tengah mengajukan gugatan ke pengadilan agar Pennsylvania tidak tetapkan kemenangan Biden. Simak berita selengkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2