Prancis Naikkan Level Siaga ke 'Darurat' Usai Penusukan di Nice

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 20:42 WIB
Aksi penusukan terjadi di sebuah gereja di Kota Nice, Prancis, menewaskan tiga orang. Aksi itu terjadi di area gereja basilika Notre-Dame.
Foto: AP Photo/Daniel Cole
Jakarta -

Perdana Menteri Prancis, Jean Castex, mengatakan bahwa respons pemerintah terhadap serangan penusukan di kota Nice akan "tegas, keras, dan segera". Castex pun mengumumkan bahwa level/tingkat siaga keamanan negara tersebut kini dinaikkan ke level "darurat".

Level "darurat" berarti "tingkat kewaspadaan maksimum" yang diperlukan jika ada ancaman yang akan datang atau segera setelah serangan, demikian menurut situs web pemerintah Prancis seperti dilansir CNN, Kamis (29/10/2020).

Castex mengatakan, Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional Prancis akan mengadakan pertemuan pada Jumat (30/10) pagi waktu setempat.

Berbicara di parlemen Prancis pada hari Kamis (29/10), Castex memberikan penghormatan kepada tiga orang yang tewas dalam serangan di gereja Notre-Dame di Nice.

"Tiga rekan sebangsa kita dibunuh dengan pisau dalam keadaan yang menyedihkan," katanya.

"Di masa-masa tragis ini, pikiran kita tertuju kepada keluarga, kerabat mereka, umat paroki Nice, tetapi juga lebih luas kepada seluruh komunitas Katolik yang sengaja menjadi sasaran," imbuhnya.

Simak video 'Teror Penusukan Kembali Terjadi di Prancis, 2 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)