Belasan ABK Kapal Pencari Ikan Positif Corona Setibanya di Selandia Baru

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 17:03 WIB
Menyusul jumlah kasus COVID-19 yang terus menurun, Selandia Baru mencabut kebijakan wajib masker. Ada tapinya lho, penasaran?
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di Selandia Baru (Getty Images/Hagen Hopkins)
Wellington -

Belasan anak buah kapal (ABK) kapal pencari ikan yang tiba di Selandia Baru dengan pesawat charter, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Para ABK ini sebelumnya dinyatakan negatif Corona sebelum terbang ke Selandia Baru.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (20/10/2020), otoritas kesehatan Selandia Baru mengumumkan bahwa 11 ABK kapal pencari ikan dinyatakan positif Corona dan 14 orang lainnya masih dalam pemeriksaan.

Para ABK ini menjalani karantina di sebuah hotel di Christchurch sejak tiba di Selandia Baru dengan pesawat charter. Otoritas setempat menyebut bahwa beberapa ABK dinyatakan positif Corona saat menjalani tes rutin.

Kabar ini bisa menjadi pukulan terbaru baru upaya Selandia Baru untuk memulai kembali industri perikanannya, yang berjuang untuk menemukan pekerja lokal untuk menjadi ABK. Kepala Eksekutif Makanan Laut Selandia Baru, Jeremy Helson, menuturkan bahwa para ABK yang berjenis kelamin pria itu dinyatakan negatif Corona sebelum terbang ke Selandia Baru.

"Sementara kita menunggu untuk melihat berapa banyak kasus yang ada, fakta bahwa mereka semua terdeteksi dalam karantina menunjukkan sistemnya bekerja dengan baik," sebut Helson.

Tidak diketahui secara jelas dari mana asal para ABK yang positif Corona itu. Namun sejumlah ABK lainnya diketahui tiba di Selandia Baru dalam beberapa hari terakhir, dari Rusia dan Ukraina.

Sumber penularan Corona untuk para ABK itu juga belum diketahui jelas. Otoritas Selandia Baru telah berhasil membasmi penularan virus Corona di tengah masyarakat atau disebut juga sebagai kasus penularan lokal.

(nvc/ita)