PM Jacinda Ardern Menangi Pemilu Selandia Baru, Oposisi Ucapkan Selamat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 17 Okt 2020 17:49 WIB
WHAKATANE, NEW ZEALAND - DECEMBER 10: New Zealand Prime Minister Jacinda Ardern meets with first responders at the Whakatane Fire Station on December 10, 2019 in Whakatane, New Zealand. Five people are confirmed dead and several people are missing following a volcanic eruption at White Island on Monday. (Photo by Dom Thomas/Radio NZ - Pool/Getty Images)
PM Selandia Baru Jacinda Ardern (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Partai Buruh yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern menang telak dalam pemilihan umum Selandia Baru pada hari Sabtu (17/10) ini.

Kemenangan telak ini berarti Ardern (40) dapat membentuk pemerintahan partai tunggal pertama dalam beberapa dekade, dan menghadapi tantangan untuk mewujudkan transformasi progresif yang dijanjikannya tetapi gagal untuk mewujudkannya pada masa jabatan pertamanya.

"Selandia Baru telah menunjukkan dukungan terbesarnya bagi Partai Buruh dalam hampir 50 tahun," kata Ardern kepada para pendukungnya setelah kemenangan telaknya.

"Kami tidak akan meremehkan dukungan Anda. Dan saya berjanji kepada Anda bahwa kami akan menjadi partai yang memerintah setiap orang Selandia Baru," imbuhnya seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (17/10/2020).

Hasil penghitungan suara menunjukkan bahwa Partai Buruh akan memenangkan 64 dari 120 kursi di parlemen negara itu, perolehan tertinggi oleh partai mana pun sejak Selandia Baru mengadopsi sistem pemungutan suara proporsional pada tahun 1996.

Jika Partai Buruh memenangkan lebih dari setengah kursi, Ardern dapat membentuk pemerintahan partai tunggal pertama di bawah sistem saat ini.

"Ini adalah perubahan bersejarah," kata komentator politik Bryce Edwards dari Universitas Victoria di Wellington, menggambarkan pemungutan suara itu sebagai salah satu perubahan terbesar dalam sejarah pemilihan umum Selandia Baru dalam 80 tahun.

Selanjutnya
Halaman
1 2