Berhasil Atasi Gelombang Kedua, PM Selandia Baru: Kita Kalahkan Corona Lagi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 14:59 WIB
New Zealand Prime Minister Jacinda Ardern announces a new date for national elections, during a news conference in Wellington, New Zealand, Monday, Aug. 17, 2020. The election had been scheduled for Sept. 19 but will now be held on Oct. 17, after a COVID-19 outbreak in Auckland. (Mark Mitchell/New Zealand Herald via AP)
Foto: PM Selandia Baru Jacinda Ardern (Mark Mitchell/New Zealand Herald via AP)
Jakarta -

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan bahwa Selandia Baru telah kembali mengalahkan virus Corona. Dia juga mengumumkan pembatasan di kota terbesar negara itu akan dilonggarkan, setelah gelombang COVID-19 kedua berhasil diatasi.

Dilansir AFP, Senin (5/10/2020) virus itu diyakini telah diberantas pada akhir Mei setelah lockdown nasional yang ketat menyebabkan warga Selandia Baru menikmati 102 hari tanpa penularan komunitas.

Tetapi sebuah kluster baru muncul di Auckland pada bulan Agustus, memaksa kota berpenduduk 1,5 juta itu terkunci selama hampir tiga minggu.

Dengan tidak ada kasus infeksi Corona baru yang dikonfirmasi di Auckland selama 12 hari, Ardern mengatakan pada hari Senin (4/10) bahwa virus sekarang terkendali. Ardern pun memberi selamat kepada penduduk Auckland karena telah bertahan dalam lockdown (penguncian) kedua.

"Rasanya lebih lama dan berlarut-larut dalam apa yang sudah mulai terasa seperti tahun yang sangat panjang," katanya.

"Namun terlepas dari ini, warga Auckland dan Selandia Baru tetap berpegang pada rencana yang telah berhasil dua kali sekarang, dan mengalahkan virus itu lagi."