International Updates

Media AS Sorot Kunjungan Prabowo, Xi Jinping Serukan Tentara China Bersiap Perang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 18:24 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) bersama Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kiri) tiba di lokasi sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pras.
Menhan Prabowo Subianto (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

Media ternama Amerika Serikat (AS), The New York Times menyoroti kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Pentagon. New York Times menulis bahwa Prabowo baru bisa kembali ke AS setelah dua dekade dilarang masuk ke negara itu.

Laporan berjudul 'Indonesian Defense Chief, Accused of Rights Abuses, Will Visit Pentagon' itu terbit pada Rabu (14/10/2020) waktu setempat. New York Times menulis selama dua dekade, Prabowo menjadi paria (kaum terlunta-lunta) dalam urusan internasional. Namun kini, dia justru mendapatkan undangan untuk berkunjung ke Departemen Pertahanan AS atau Pentagon yang berbasis di Arlington, Virginia.

"Selama dua dekade, Prabowo Subianto, mantan jenderal Indonesia, menjadi paria dalam urusan internasional," tulis The New York Times.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (15/10/2020):

- Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan, Begini Reaksi China

Otoritas China mengomentari operasi kapal perang Amerika Serikat (AS) yang melintasi Selat Taiwan. China menyebut AS telah secara serius merusak perdamaian dan stabilitas di jalur perairan strategis tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (15/10/2020), juru bicara Komando Timur China, Zhang Chunhui, menegaskan bahwa militer China mengikuti dan memantau pergerakan kapal perang AS, USS Barry, saat melakukan apa yang disebut Angkatan Laut AS sebagai 'transit rutin Selat Taiwan' pada Rabu (14/10) waktu setempat.

Otoritas China menganggap Taiwan sebagai bagian wilayahnya yang membandel dan perlu dipersatukan kembali dengan daratan utama China, bahkan dengan kekerasan jika diperlukan. Pemerintah AS, di sisi lain, telah meningkatkan dukungan untuk Taiwan demi mendukung apa yang dianggapnya sebagai pos demokrasi penting.

- Xi Jinping Serukan Tentara China untuk Fokus Bersiap Perang

Presiden China, Xi Jinping, menyerukan para tentara negara itu untuk fokus bersiap perang. Seruan ini disampaikan di tengah ketegangan yang memuncak antara China dan Amerika Serikat (AS), juga antara China dengan Taiwan.

Seperti dilaporkan Xinhua News Agency dan dilansir CNN, Kamis (15/10/2020), Presiden Xi menyampaikan seruan itu saat mengunjungi pangkalan militer China di Provinsi Guangdong pada Selasa (13/10) waktu setempat.

Saat melakukan inspeksi terhadap Korps Marinir pada Tentara Pembebasan Rakyat atau militer China, Presiden Xi menuturkan kepada para tentara untuk 'menjaga kondisi siaga tinggi' dan menyerukan mereka untuk 'sungguh-sungguh setia, sungguh-sungguh murni dan benar-benar bisa diandalkan'.

Selanjutnya
Halaman
1 2